Pesan Rahbar

Home » » Kesakralan Syahadah Imam Husain as

Kesakralan Syahadah Imam Husain as

Written By Unknown on Tuesday 27 October 2015 | 14:16:00

Ilustrasi, Setelah terbununya Imam Husein as di Karbala

Oleh: Muhammad Taufiq Ali Yahya



Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa tragedi pembantaian keluarga Rasul pimpinan Imam Husain ini segera disusul dengan berbagai tanda alam dan lain yang menunjukkan kesakralan syahadah beliau.

Diantaranya disebutkan bahwa terbununya cucu Rasul di tangan manusia-manusia sadis itu segera disusul dengan bertiupnya angin kencang, angkasa tiba-tiba gelap gulita, sehingga orang-orang tak dapat melihat apa yang ada di depannya.

Selain itu Zari’ Al-Asadi, seorang petani yang bercocok tanam di tepian sungai ‘Alqamah dalam kisahnya tentang Imam Husain mengatakan: Pukulan tongkat Nabi Musa as ke batu dapat memancarkan mata air tetapi musibah Imam Husain telah memancarkan darah dari bebatuan, sebagaimana darah pernah mengucur dari runtuhan batu-batu di Baitul Maqdis.

Dikisahkan pula bahwa dari awal malam ke 11 Muharram hingga terbitnya fajar semua bebatuan dan bongkahan- bongkahan tanah mengucurkan darah dibawahnya.

Periwayat menceritakan: “Hazrat Musa adalah pemilik Yad AlBaidha” dan sering memancarkan cahaya ketika dia memperlihatkan suatu mukjizat. Namun, dari Imam Husain yang memancarkan cahaya cemerlang adalah dahi dan leher beliau.

Untuk Nabi Musa as Allah telah membelahkan laut agar Bani Israel dapat menyeberanginya. Namun, untuk Imam Husain as seluruh samudera bergemuruh hebat dan penghunipun meratap, sementara para bidadari juga turun dari alam Firdaus dan mendatangi samudera sambil berucap: “Hai para penghuni lautan, berdukalah atas terbunuhnya putera Rasulullah.”

Nabi Musa as telah menggali liang lahatnya dengan tangannya sendiri. Namun liang lahat Imam Husain as digali oleh Rasulullah. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pada hari 10 Muharram (Asyura), Ummu Salamah bermimpi menyaksikan Rasulullah bermandi debu dan berucap: “Orang-orang telah membantai dan mengugurkan puteraku. Aku melihat jasadnya dan aku sedang sibuk menggalikan lubang kubur untuk Husain dan para sahabatnya.”

Diriwayatkan pula bahwa tujuh hari sepeninggal Imam Husain as langit berwarna merah dari ujung ke ujung. Bahkan kendati tragedi Karbala sudah berlalu 14 abad, hingga kini masih terdapat keajaiban-keajaiban yang berkaitan dengannya, khususnya pada hari Asyura. Satu diantara keajaiban itu ialah mengalirnya cairan seperti darah dari sebuah pohon di Zarabad, sebuah daerah di Qazwin. Pohon yang tumbuh di dekat benteng Alamut itu setiap tahun pada hari Asyura dikunjungi oleh ribuan orang untuk menyaksikan mengalirnya cairan seperti darah tersebut dari batang pohon yang disebut dengan pohon canar (plane tree) tersebut.

Referensi:
1. Maqtal Khawarizmi hal.201
2. Muntakhab AT-Tharihi juz 2 hal.61
3. Biharul Anwar juz 45 hal.204-205
4. Biharul Anwar juz 2 hal. 209
5. Biharul Anwar juz 44 hal.194
6. Biharul Anwar juz 45 hal.221
7. Idhoh Al-hujjah juz 2 hal.209

(Mahdi-News/ABNS)

Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: