Pesan Rahbar

Home » » Masjid dengan Dua Puluh Kubah di Turki

Masjid dengan Dua Puluh Kubah di Turki

Written By Unknown on Thursday 19 May 2016 | 22:49:00


Masjid Ulu terletak di kota Bursa, Turki, dan memiliki gaya arsitektur yang sangat langka: dua puluh kubah dan dua menara.

Masjid Ulu termasuk salah satu peninggalan bersejarah di kota Bursa ini dan merupakan sebuah model kombinasi arsitektur Islami-Turki. Di samping itu, masjid ini termasuk bangunan terbesar dan terkuno di kota Bursa.

Bayazid I, salah seorang sultan Utsmaniah, memerintahkan supaya masjid ini dibangun, dan masjid pun diresmikan pada tahun 1399 Masehi.

Bayazid I kala itu bernazar akan membangun 20 buah masjid apabila berhasil menang dalam peperangan yang sedang dihadapi Imperium utsmaniah. Akan tetapi, para ulama mengusulkan, sebagai ganti dari dua puluh buah masjid kecil, sebaiknya ia membangun sebuah masjid besar dengan dua puluh buah kubah. Mungkin lantaran kisah inilah Masjid Ulu memiliki dua puluh buah kubah.

Masjid Ulu juga memiliki sebuah mimbar yang sangat unik. Mimbar ini terbuat dari kayu berwarna-warni dan tak satu potong pun paku digunakan. Seniman Turki membentuk satu bagian mimbar ini dengan bentuk matahari yang dikitari bumi. Padahal para ilmuwan belum sampai pada kesimpulan ini kala itu.

Masjid Ulu bisa menampung 5 ribu orang. Halaman masjid juga dilengkapi dengan kolam kecil yang bisa digunakan oleh jamaah untuk berwudu.

(Al-Akhbar/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: