Pesan Rahbar

Home » » Putin Janji Beri Pinjaman Iran $ 2.5 Milyar

Putin Janji Beri Pinjaman Iran $ 2.5 Milyar

Written By Unknown on Tuesday 9 August 2016 | 00:01:00

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperbaharui janjinya untuk memberi bantuan pinjaman ke Iran senilai total $ 2,5 miliar untuk pengembangan proyek yang berhubungan dengan energi.

Rusia mengatakan masih berkomitmen untuk memberikan pinjaman senilai $ 2,5 milyar untuk Iran.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pinjaman itu dimaksudkan untuk membantu Iran mengembangkan dua proyek yang berhubungan dengan energi utama.

“Rusia bermaksud untuk memberikan dua pinjaman ke Iran dengan jumlah € 2,2 milyar [$ 2,5 milyar ] untuk membiayai pembangunan pembangkit tenaga listrik termal di dekat kota Bandar Abbas di pantai Teluk Persia dan kareta app listrik Garmsar-Ince Burun di utara-timur negara itu,” seperti dikutip Putin dari kantor berita AZERTAC dalam sebuah laporan yang juga diliput oleh kantor berita Sputnik.

Presiden Rusia, yang akan bertemu presiden Iran Hassan Rouhani di Baku pada tanggal 8 Agustus, menekankan bahwa pinjaman akan diberikan sebagai proyek skala besar bersama di bidang minyak dan gas.

Ia juga menambahkan bahwa beberapa rencana lain sedang dirancang untuk mengembangkan kerja sama antara kedua negara di bidang industri kedirgantaraan dan tenaga listrik.

Kremlin telah mengumumkan bahwa Putin akan bertemu Rouhani – serta Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev – untuk membahas isu-isu regional serta kerja sama antara tiga negara dibidang energi dan transportasi.

Menteri Energi Iran Hamid Chitchian pada bulan Februari mengumumkan penandatanganan kontrak dengan Rusia untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga termal dengan kapasitas 1.400 megawatt di kota pelabuhan selatan Iran Bandar Abbas di provinsi Hormozgan.

Proyek ini akan menjadi yang pertama dari paket empat proyek pembangkit termal yang Rusia harapkan untuk pengembangan proyek di Hormozgan.

Kedua negara sebelumnya telah membahas pengembangan dua pembangkit listrik lainnya di Tabriz, di barat laut Iran, dan lainnya di Tabas, timur laut Iran. Biaya untuk pembangunan proyek diperkirakan menelan biaya di atas $ 10 miliar.

Iran dan Rusia juga November lalu telah menandatangani perjanjian lain senilai € 1,2 milyar untuk jalur karena app listrik yang menghubungkan utara-tengah Iran ke perbatasan timur laut dengan Turkmenistan.

Perjanjian – yang telah ditandatangani antara jawatan Kereta Api Rusia dan jawatan Kareta Api Republik Islam Iran (RAI) – pembangunan pembangkit listrik dan kabel listrik di atas kepala sepanjang Garmsar-Sari-Gorgan-Ince Burun rute di Iran.

(Sputnik/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: