Pesan Rahbar

Home » » Masalah Timur Tengah Harus Dituntaskan Dengan Perundingan Politik dan Dialog

Masalah Timur Tengah Harus Dituntaskan Dengan Perundingan Politik dan Dialog

Written By Unknown on Tuesday 13 September 2016 | 23:26:00


Sore hari kemarin, Hasan Ruhani, Presiden Republik Islam Iran, melakukan dialog via telpon dengan Syaikh Tamim bin Hamd Al Tsani, Emir Qatar, dalam rangka Idul Adha.

Sembari mengucapkan selamat atas kehadiran Hari Raya Idul Adha kepada Syaikh Tamim, Presiden Ruhani menekankan urgensi kerja sama seluruh negara Timur Tengah, terutama negara-negara Teluk Persia.

“Seluruh masalah Timur Tengah harus diselesaikan melalui jalan perundingan politik, dialog, dan semangat saling memahami,” tukas Presiden Ruhani.

Presiden Ruhani menekankan, “Republik Islam Iran selalu berusaha keras untuk mewujudkan dan menguatkan proses ini. Negara-negara lain juga harus mencincingkan lengan baju di bidang ini.”

Dalam dialog telpon ini, Presiden Ruhani juga menyinggung gelombang radikalisme, kekerasan, dan terorisme yang semakin deras mendera Timur Tengah. “Kawasan kita ini tidak kondusif. Menjadi tugas kita semua untuk menyelamatkan seluruh Muslimin dari terorisme dan mewujudkan stabilitas serta memperkuat persaudaraan di antara mereka,” ujarnya.

Dalam dialog telpon ini, Syaikh Tamim juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada Presiden Ruhani, Pemerintah, dan seluruh rakyat Iran. Ia menilai, hubungan Iran dan Qatar sangat bersifat historis dan akrab. “Kami menyambut setiap usaha untuk memperluas dan memperdalam kerja sama di setiap bidang. Kami senantiasa mengharap sebuah hubungan khusus dan istimewa dengan Tehran,” tukasnya.

Emir Qatar menekankan, “Hubungan istimewa ini harus kita gunakan untuk menuntaskan masalah pelik yang sedang melilit Timur Tengah. Iran memiliki posisi yang sangat khusus di Timur Tengah. Peran dan posisi ini juga sangat bermanfaat bagi kepentingan Qatar.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: