Pesan Rahbar

Home » » Riwayat Imam Baqir as tentang Imam Zaman afs

Riwayat Imam Baqir as tentang Imam Zaman afs

Written By Unknown on Tuesday 13 September 2016 | 06:08:00


Dalam riwayatnya, Imam Baqir as banyak mendeskripsikan tentang Imam Mahdi afs.

Jelang hari-hari syahadahnya Imam Muhammad Baqir as, Hujjatul Islam Sayid Abul Fadhl Musawi mengatakan bahwa Imam Muhammad Baqir as menjalani masa Imamah selama 19 Tahun, yang dari sebelumnya pada masa Imam Sajjad as perlahan-lahan telah memahami keadaan dunia Islam.

Dan dalam keadaan tersebut Imam Baqir as harus menjalankan beberapa tanggungan, di antaranya ialah menjelaskan kedudukan Imamahnya, karena syahidnya Imam Husain as yang orang-orang belum banyak memahami kedudukan Imam Husain as, dengan begitu Imam Baqir as yang sebagai penerus yang sah dari Imam Husain as dan Imam Ali as maka beliau harus menjelaskan kedudukan Imamahnya.

Terdapat banya riwayat dari Imam Baqir as dan Imam Shadiq as yang menjelaskan tentang kedudukan Imamah, dimana para pengikut dan sahabat-sahabatnya banyak yang menanyakan hal ini.

Lebih lanjut Hujjatul Islam Musawi menuturkan bahwa Imam Muhammad Baqir as dalam riwayat-riwayat banyak mengisyaratkan tentang Imam Mahdi afs, dimana riwayat-riwayat beliau meliputi wilayat tersembunyi Imam Mahdi afs, ciri-ciri fisik Imam Zaman afs, tentang gaibnya beliau afs, dan bahkan tentang dua kegaiban yang akan terjadi pada Imam Mahdi afs, dan Imam Baqir as juga mendeskripsikan Imam Zaman afs sebagai cara terbaik untuk menghadapi penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di akhir zaman.

Seseorang bertanya kepada Imam Ja’far Shadiq as, apakah engkau Imam Zaman yang dimaksud? Dan apakah Imam Zaman telah dilahirkan?, Imam Shadiq as berkata “dia bukanlah diriku, dan dia juga belum dilahirkan, jika saja aku berkesempatan untuk bertemu dengannya maka aku akan berkhidmat kepadanya”.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: