Pesan Rahbar

Home » » Enam Daerah Mosul Berhasil Dibebaskan Dari Tangan ISIS

Enam Daerah Mosul Berhasil Dibebaskan Dari Tangan ISIS

Written By Unknown on Saturday 5 November 2016 | 22:10:00


Pasukan Iraq yang sedang gencar menggempur kelompok teroris ISIS telah berhasil membebaskan enam daerah di kawasan timur Mosul dari cengkeraman mereka.

Dilansir Reuters kemarin, pernyataan ini diumumkan oleh militer Iraq pada hari Jumat kemarin dalam sebuah pernyataan resmi.

“Pasukan Iraq yang sedang berperang melawan ISIS berhasil membebaskan daerah Al-Malayin, Simah, Khadhra’, Karkuli, Quds, dan Karamah yang terletak di kawasan timur Mosul. Setelah berhasil mendatangkan kerugian besar bagi kelompok teroris ISIS, pasukan Iraq akhirnya mengibarkan bendera Ira di atas bangunan-bangunan kawasan ini,” tukas pernyataan resmi militer Iraq tersebut.

Lebih dari itu, menurut pengakuan Yahya Rasul, juru bicara operasi gabungan militer Iraq, dalam wawancara dengan Kantor Berita Anatoli, pasukan Iraq juga berhasil membebaskan daerah Zuhur yang juga terletak di kawasan timur Mosul.

Rasul menukaskan, pasukan keamanan Iraq dalam sebuah operasi pembebasan kawasan-kawasan timur Mosul ini telah berhasil mendatangkan kerugian besar bagi kelompok teroris ISIS.

Abdul-Wahhab Sa‘idi, salah satu komandan operasi pembebasan Mosul, juga membenarkan berita tersebut. “Sekarang pasukan Iraq sedang bersiap memasuki daerah Al-Zahra yang terletak di timur Mosul,” ujarnya.

Pihak Kementerian Pertahanan Iraq pada hari Kamis lalu mengumumkan, selama empat hari terakhir, lebih dari 125 orang militan ISIS telah musnah dalam operasi pembebasan Mosul. Dua puluh empat desa dan daerah juga telah berhasil dibebaskan dari tangan ISIS.

Operasi pembebasan kota Mosul telah dimulai dari sejak 7 Oktober lalu dengan diikuti oleh 45 ribu personel dari militer, polisi, Al-Hasyad Al-Sya‘bi, dan Pisymerga Iraq. Jet-jet tempur Koalisi Internasional menyatakan siap memberikan perlindungan terhadap pasukan Iraq dalam operasi ini.

(Reuters/ShabestanBerbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: