Pesan Rahbar

Home » » Menteri Energi Saudi Desak Opec Kurangi Produksi Jadi 32,5 Juta Barel Sehari

Menteri Energi Saudi Desak Opec Kurangi Produksi Jadi 32,5 Juta Barel Sehari

Written By Unknown on Monday 28 November 2016 | 00:23:00

Menurut Falih, kebijakan itu bisa menguntungkan produsen dan konsumen.

Menteri Energi, Industri dan Suymber Daya Mineral Arab Saudi Khalid al-Falih saat wawancara khusus dengan stasiun televisi Al-Arabiya, di sela lawatannya ke Cina, 31 Agustus 2016. (Foto: Al-Arabiya)

Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Arab Saudi Khalid al-Falih kemarin bilang OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak) seharusnya mengurangi jumlah produksi menjadi 32,5 juta barel sehari. Kebijakan ini diperlukan buat mengerek harga minyak mentah global telah melorot sejak pertengahan 2014.

Falih yakin OPEC bakal memformalisasi kesepakatan awal dicapai dalam pertemuan di Aljazair September lalu. "Saya masih optimistis konsensus dicapai di Aljazair untuk menentukan batas produksi akan dilaksanakan," katanya kepada Al-Arabiya. "Insya Allah, batas pengurangan produksi tiap negara anggota akan ditetapkan secara adil dan jujur."

Semua negara anggota OPEC dalam pertemuan September lalu sepakat untuk membatasi pasokan dengan pengecualian terhadap Libya, Nigeria, dan Iran, produksi minyak mereka anjlok akibat perang dan sanksi. Rancangan pengurangan produksi minyak OPEC akan difinalisasi dalam pertemuan di Ibu Kota Wina, Austria, 30 November mendatang.

"Mencapai keputusan untuk mengurangi produksi menjadi US$ 32,5 juta barel per hari akan mempercepat pemulihan pasar serta menguntungkan produsen dan konsumen," ujar Falih.

(Al-Arabiya/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: