Pesan Rahbar

Home » » Iman dan Amal Saleh Tidak Bisa Dipisahkan

Iman dan Amal Saleh Tidak Bisa Dipisahkan

Written By Unknown on Wednesday 15 March 2017 | 22:57:00


Iman dan amal saleh merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan, sehingga selama amal saleh tidak ada maka iman tidak akan ada maknanya. Meskipun kalian belajar bertahun-tahun, namun kalian tidak memiliki akhlaq yang baik maka ilmu yang kalian dapatkan tidak akan ada manfaatnya sama sekali.

Shabestan News Agency melaporkan dari Qom, dalam acara pemakaian amamah beberapa pelajar agama yang dilakukan hari ini, Ayatullah Sayyid Muhammad Alawi Gurgani menyinggung tentang pentingnya ajaran-ajaran Qur’an. Dijelaskannya, setiap ucapan yang ada di Al-Qur’an harus didengarkan dengan mata hati dan kemudian mengamalkannya dengan sungguh-sungguh.

Dan untuk dapat mendengarkan ucapan-ucapan yang hak ialah dengan memiliki keimanan, sebagaimana yang banyak disebutkan dalam Al-Qur’an Karim tentang orang-orang yang memperhatikan ucapan-ucapan yang hak, sehingga bisa mengikuti ajaran yang ada dalam Al-Qur’an.

Marja taklid Syi’ah ini menambahkan, iman dan amal saleh merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan, sehingga selama amal saleh tidak ada maka iman tidak akan ada maknanya.

Meskipun kalian belajar bertahun-tahun, namun kalian tidak memiliki akhlaq yang baik maka ilmu yang kalian dapatkan tidak akan ada manfaatnya sama sekali, jelas Ayatullah Alawi Gurgani.

Selain itu, akhlaq yang harus dimiliki oleh pelajar agama ialah akhlaq kepada seorang guru, menghormati guru merupakan perkara yang sangat penting, karena guru memiliki hak yang besar di pundak muridnya, dengan demikian kalian harus selalu menghormati guru-guru kalian, demikian jelas Ayatullah Sayyid Muhammad Alawi Gurgani.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: