Pesan Rahbar

Home » » Dewan Keamanan PBB Bela Kesepakatan Nuklir Iran

Dewan Keamanan PBB Bela Kesepakatan Nuklir Iran

Written By Unknown on Monday 23 October 2017 | 16:23:00

(Foto: Oke-Zone)

Pada sidang Dewan Keamanan PBB tadi malam, mayoritas anggota yang hadir mengecam pernyataan-pernyataan wakil Amerika Serikat sehubungan dengan kesepakatan nuklir Iran.

Sidang tadi malam DK PBB mengupas isu seputar Timur Tengah. Wakil Iran untuk dewan ini menguraikan peran negatif Amerika sehubungan dengan isu utama kawasan ini. Yaitu Palestina.

“Penjajahan Palestina dan siasat agresi yang selalu dilakukan oleh rezim Zionis Israel adalah pilar utama seluruh krisis Timur Tengah,” ujar Ghulam Ali Khusyru, wakil tetap Republik Islam Iran untuk DK PBB.

Khusyru menekankan, “Setiap usaha Amerika untuk mengeluarkan isu Palestina dari agenda Dewan Keamanan PBB tidak akan pernah berguna. Inilah kesengsaraan rakyat Palestina yang telah diciptakan oleh Israel dengan dukungan Amerika sehingga menjadi tragedi sejarah yang paling panjang di dunia.”

Akan tetapi, Nikki Haley wakil Amerika untuk DK PBB berusaha menyeret sidang tadi malam ke arah kesepakatan nuklir Iran dan bahwa Iran sudah tidak berkomitmen lagi terhadap JCPOA.

“Setiap 6 bulan sekali, DK PBB menerima laporan buruk tentang Iran. Akan tetapi, hanya sisi baik yang memperoleh perhatian. Iran jangan sampai hanya dibatasi pada sisi nuklir. Semua aksi ofensif Iran harus juga diperhatikan,” ujar Haley.

Akan tetapi, mayoritas anggota DK PBB, termasuk Inggris yang merupakan sekutu terdekat Amerika, menyatakan tetap mendukung JCPOA.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: