Pesan Rahbar

Home » » Raja Saudi Temui Obama Minta Dukungan Melawan Iran

Raja Saudi Temui Obama Minta Dukungan Melawan Iran

Written By Unknown on Sunday 6 September 2015 | 03:15:00


Raja Arab Saudi Salman Al Saud akan mengunjungi Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di Gedung Putih untuk meminta dukungan dalam menghadapi seterunya, Iran. Kunjungan Raja Salman ini dilakukan di tengah semakin besarnya dukungan dari politisi AS atas kesepakatan nuklir Iran yang telah disepakati.

Hubungan Arab Saudi dengan AS sedang renggang sejak disepakatinya perjanjian program nuklir antara enam kekuatan dunia, termasuk AS dengan Iran. Kesepakatan itu menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara Timur Tengah yang berseteru dengan negara Syiah tersebut, terutama Arab Saudi dan Israel.

Laporan yang dilansir Reuters, Jumat (4/9/2015) menyebutkan bahwa kunjungan tersebut adalah lawatan pertama yang dilakukan Raja Salman sejak dia naik tahta Januari lalu. Pertemuan ini juga dipandang sebagai upaya Arab Saudi untuk memperbaiki hubungan kedua negara sejak absennya sang raja dalam pertemuan puncak negara-negara Arab yang dihadiri Presiden AS tersebut.
Banyak pihak beranggapan bahwa absennya Raja Salman dalam pertemuan Maret 2015 itu adalah upaya untuk menghindari Obama sebagai bentuk protes atas strategi presiden kulit hitam pertama AS terhadap Iran. Pemerintah kedua negara menepis dugaan tersebut.

(Okezone/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: