Pesan Rahbar

Home » » Israel Bolehkan Penyuapan Paksa Tahanan yang Mogok Makan

Israel Bolehkan Penyuapan Paksa Tahanan yang Mogok Makan

Written By Unknown on Friday 31 July 2015 | 07:12:00


Khader Adnan adalah pegiat yang sempat mogok makan selama 56 hari sebelum dibebaskan oleh pemerintah Israel. Parlemen Israel telah mengesahkan undang-undang yang memperbolehkan penyuapan-paksa terhadap tahanan yang tengah menjalani mogok makan.

Di bawah undang-undang ini, penyuapan-paksa akan memerlukan persetujuan dari hakim.
Warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel selama ini menggunakan mogok makan sebagai upaya protes terhadap penahanan tanpa tuduhan yang jelas, atau tanpa proses pengadilan.
Asosiasi Dokter Israel mengutuk undang-undang itu, menyatakan bahwa penyuapan-paksa ini mirip penyiksaan, dan mereka menyerukan agar dokter tak berpartisipasi dalam kebijakan itu.
Mereka juga akan mengajukan petisi ke Mahkamah Tinggi Keadilan agar undang-undang itu dicabut, menurut radio Israel.
Undang-undang itu lolos dengan selisih tipis dalam pemungutan suara, 46 berbanding 40.
Menteri Keamanan Dalam Negeri Gilad Erden mengatakan langkah itu diperlukan karena "mogok makan para 'teroris' di penjara telah menjadi alat penekan dan mengancam negara Israel untuk membebaskan mereka".
Kementerian menyatakan undang-undang itu diupayakan sesudah mogok makan berkepanjangan pada tahun 2012 dilakukan untuk memprotes penahanan tanpa tuduhan yang jelas.
Awal bulan ini, Ia ditahan lebih dari setahun tanpa tuduhan yang jelas, dan protes mogok makan yang ia lakukan sempat menyebabkan kondisi kesehatannya menjadi kritis.
(BBCIndonesia/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: