Pesan Rahbar

Home » » Pemerintahan Sementara Telah Terbentuk di Turki

Pemerintahan Sementara Telah Terbentuk di Turki

Written By Unknown on Sunday 30 August 2015 | 15:40:00


Rajab Thayib Ordugan, Presiden Turki, telah membentuk kabinet sementara yang terdiri dari dua menteri dari kelompok pendukung rakyat Kurdi.

Sebagaimana yang diberitakan oleh Press TV, kabinet sementara Turki telah terbentuk hingga pemilu awal Oktober nanti.

Berdasarkan berita ini Ordughan telah menyetujui ditunjuknya para menteri pada hari Jum’at kemarin seusai pertemuannya dengan Ahmad Dawud Oghlu, Perdana Menteri Turki.

Dawud Oghlu untuk pertama kalinya membentuk kabinet dengan menunjuk orang-orang dari anggota partai pendukung rakyat Kurdi.

Perdana Menteri Turki mengumumkan bahwa Ali Haidar Kunja dan Muslim Dughan dari partai Demokrasi Khalk sebagai Menteri Persatuan Eropa dan Menteri Pembangunan Turki di kabinet sementara itu.

Pembentukan berikutnya dan penyempurnaan kabinet ini masih belum dijelaskan, namun yang jelas kantor Perdana Menteri Turki telah menjanjikan secepatnya akan diumumkan.

Setelah urungnya pembentukan pemerintahan koalisi di Turki, Ordughan menuntut diadakannya pemilu yang dipercepat dan Dawud Oghlu sebagai Perdana Menteri Turki mengemban tugas membentuk pemerintahan sementara.

Sebagian pihak yang menentang Ordughan menuduhnya sengaja mempercepat pemilu supaya partai pembangunan dan keadilan bisa menang.

Ordughan sejak beberapa waktu yang lalu melakukan banyak perubahan pada undang-undang dasar untuk menambah wewenang-wewenang yang lebih banyak kepada presiden negeri itu.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: