Pesan Rahbar

Home » » Hikmah Sempit dan Lapangnya Rizki Hamba Allah

Hikmah Sempit dan Lapangnya Rizki Hamba Allah

Written By Unknown on Sunday 20 December 2015 | 16:43:00


Berdasarkan ayat dan riwayat dalam agama kita, sempit dan lapangnya rizki kita ada di tangan Allah swt.

Allah swt berfirman dalam ayat 30 surah Al-Isra’, “Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”

Imam Ali as pernah berkata, “Ikhtiar banyak dan sedikitnya rizki hanya ada pada tangan Sang Pemberi Rizki.”

Mengenai hikmah sempit dan lapangnya rizki manusia, beliau berkata, “Allah swt telah menentukan kadar rizki hamba-hamba-Nya. Lalu Ia menentukan lapang dan sempitnya secara adil. Sesuka-Nya Ia meluaskan dan menyempitkan rizki hamba-hamba-Nya yang dengan demikian manusia diuji rasa syukurnya...”

Beliau juga berkata, “Makhluk Allah telah dijamin rizkinya dan semuanya pasti menemukan apa yang bisa mereka makan.”

Imam Ja’far Shadiq as berkata, “Jangan berhenti mencari rizki yang halal. Karena mencari rizki halal dapat membantumu dalam agamamu. Dengan bertawakal ikatlah ontamu (kendaraanmu).”

Meskipun kita dianjurkan untuk mencari rizki yang halal dan banyak hadis yang memuji usaha untuk mencari rizki, namun kita dilarang rakus terhadap harta benda dunia.

Imam Ali as berkata, “Ketahuilah bahwa apa yang telah ditetapkan Tuhan untuk hamba-Nya tidak ada kurang dan lebihnya. Apa yang telah dijadikan rizki akan sampai kepadanya meskipun ia tidak mampu menggapainya. Begitu juga apa yang tidak ditakdirkan Allah untuknya tidak akan ia dapatkan meski secerdik apapun ia.”

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: