Pesan Rahbar

Home » » Rahasia Kekuatan Hizbullah dan Kharisma Nashrullah

Rahasia Kekuatan Hizbullah dan Kharisma Nashrullah

Written By Unknown on Saturday 30 April 2016 | 23:48:00


Surat kabar Al-Safir cetakan Lebanon dalam laporannya menjelaskan analisanya tentang posisi dan kekuatan Hizbullah baik di kancah domestik maupun Internasional juga mengenai rahasia keberhasilan organisasi ini.

Dilansir dari media Al-‘Alam, surat kabar Al-Safir dalam laporan analisanya yang ditulis oleh Ali Darbaj tentang kekuatan Hizbullah, posisi, dan faktor-faktor pengaruhnya di kancah domestik dan internasional, dan berubahnya gerakan ini menjadi penentu.

Media ini mulai menjelaskan dari tahap terbentuknya Hizbullah Lebanon dan pendekatannya ke Lebanon sendiri dan juga pertempurannya melawan penjajah Rezim Zionis Israel.

Berbeda dengan bayangan kebanyakan orang, komponen kekuatan Hizbullah tidak hanya terpaku pada “Hard Power” (yaitu kekuatan untuk memaksa pihak lain mengikuti keinginan kita dengan kekuatan senjata), akan tetapi gerakan ini memiliki kekuatan lainnya yang lebih penting yang mana jika dilihat dari segi pengaruh dan hasilnya di sektor politik dan sosialnya kekuatan ini lebih kuat dari kekuatan pasukan, dan komponen kekuatan ini adalah “Soft Power” (yaitu kekuatan untuk menarik pihak lain untuk mengikuti keinginan kita dengan sukarela tanpa paksaan dan tekanan).

Dalam makalah ini dikatakan bahwa “Hard Power” bukanlah satu-satunya faktor bagi Hizbullah untuk sampai pada keadaanya sekarang yang memiliki kekuatan lintas batas regional akan tetapi Hizbullah Lebanon memiliki banyak sumber kekuatan yang tak terbatas di sektor sosial, politik, budaya, dan media, yang kekuatan ini disebut “Soft Power”.

Komponen-komponen kekuatan Soft Power Hizbullah dibagi menjadi dua kelompok bagian yaitu pokok dan cabang.

Dari perspektif lain untuk menyeimbangi kekuatan spiritual, komponen dan indikator utama Hizbullah yang membuatnya menarik adalah budaya, nilai-nilai politik dan kebijakan luar negri yang dimiliki Hizbullah.

Setelah berakhirnya perang di Lebanon, dan dengan meluasnya layanan jejaring sosial nama besar Hizbullah semakin dikenal luas.

(Al-Safir/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: