Pesan Rahbar

Home » » Jangan Bermusyawarah Dengan 3 Golongan Ini

Jangan Bermusyawarah Dengan 3 Golongan Ini

Written By Unknown on Thursday 11 August 2016 | 22:18:00


Meskipun bermusyawarah merupakan pesan Al-Qur’an dan Imam Makshum as, namun Islam juga melarang bermusyawarah dengan beberapa golongan.

Shabestan News Agency, pengecut merupakan sifat buruk dan tercela bagi manusia, yang mana dengan adanya sifat tersebut dalam diri manusia maka akan dapat menghambat jalan pemikiran dan rasional diri manusia, bahkan dapat mengambil kemampuan untuk melakukan sesuatu, oelh karena itu banyak riwayat-riwayat yang sangat menekankan untuk menjauhi sifat tersebut, kecuali pada hal-hal tertentu.

Amirul Mu’minin Imam Ali as bersabda “pengecut, tamak dan bakhil adalah sifat-sifat yang tercela yang dapat menimbulkan perasangka buruk terhapad Allah swt”.

Di riwayat lainnya Imam Ali as juga bersabda “sifat pengecut yang berlebihan ialah tindakan yang disebabkan oleh lemahnya jiwa dan keyakinan”.

Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa Imam Ali as pernah bersabda “setiap kali kalian merasa takut akan suatu urusan sama halnya dengan menjatuhkan diri kalian sendiri, karena kalian merasa ketakutan atas urusan tersebut lebih besar dari urusan itu sendiri”

Begitu juga Rasulullah saww berkata kepada Imam Ali as : “Ya Ali! Janganlah kamu bermusyawarah dengan orang yang pengecut, karena ia malah akan mempersempit solusi untuk keluar dari sebuah permasalahan, dan janganlah kamu bermusyawarah dengan orang yang memiliki sifat bakhil, karena ia tidak akan membawa kepada tujuanmu, dan juga janganlah bermusyawarah dengan orang yang tamak karena ia akan menghiasi ketamakannya kepadamu”.

Imam Baqir as juga bersabda “manusia beriman ialah orang yang bukan pengecut, tamak dan bakhil”.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: