Pesan Rahbar

Home » » Penelitian Ilmiah Unpad Temukan Fakta Mengejutkan Teletubies

Penelitian Ilmiah Unpad Temukan Fakta Mengejutkan Teletubies

Written By Unknown on Friday 12 August 2016 | 00:12:00

Teletubies (Youtube/ Penelitian Ini Mendapatkan Dana Hibah Dari Kemenristek Dikti. Dengan Riset Ini, Kelima Mahasiswa Ini Menjadi Perwakilan Unpad Pada Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-29 Bidang PKM Penelitian Sosial Humaniora. Tim Ini A

Penelitian ilmiah yang dilakukan lima mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) terhadap film Teletubies menemukan fakta mengejutkan. Mereka menemukan tiga tanda visual yang menyiratkan isu homoseksualitas dari salah satu tokoh film itu, Tinky Winky.

“Penelitian ini dilakukan mengingat adanya kontroversi mengenai isu homoseksualitas dalam tayangan tersebut,” demikian keterangan yang dimuat laman unpad.ac.id, sebagaimana dikutip Dream pada Kamis 11 Agustus 2016.

Lima mahasiswa yang melakukan penelitian itu adalah Lidya Permata Sari, Annisa Hida Robbiani, Vera Citra Utami, Shifa Amali Firdaus, dan Rio Alfajri. Mereka dibimbing oleh Kasno Pamungkas, yang merupakan dosen program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Penelitian ilmiah ini dilakukan secara kualitatif dengan metode analisis deskriptif-interpretatif. Ketua tim riset, Lidya, mengatakan, penelitian ini bertujuan melihat tanda-tanda visual dalam tayangan Teletubbies, khususnya pada tokoh Tinky Winky yang menyiratkan isu homoseksualitas.

Hasil analisis itu dikaitkan dengan nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia untuk menemukan apakah terdapat penyimpangan nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia. Analisis tanda visual dilakukan melalui tabel semiotika Barthes, seorang pakar semiotika modern.


Pengaduan Orangtua

Penelitian ini mendapatkan dana hibah dari Kemenristek Dikti. Dengan riset ini, kelima mahasiswa ini menjadi perwakilan Unpad pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 bidang PKM Penelitian Sosial Humaniora.

Tim ini akan berkompetisi dengan sejumlah mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan medali pada ajang tersebut. Pimnas ini akan dilaksanakan 8-12 Agustus 2016 di Institut Pertanian Bogor.

“Penelitian ini juga sudah terdaftar dalam 2nd International Conference on Advances in Education and Social Sciences,” ungkap Vera.

Hasil dari penelitian Sosial Humaniora ini juga dibukukan dengan judul Panduan Menjaga Anak Menonton Televisi bagi Orang Tua atau disingkat menjadi Panto. Selain itu, tim ini juga telah membuat sebuah line pengaduan yang ditujukan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan mereka mengenai tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai di Indonesia.

(Merdeka/Dream/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: