Pesan Rahbar

Home » » Perwakilan Syaikhul Islam Thailand: Kaum Muslim Thailand Memperoleh Hak-hak Agama secara Penuh

Perwakilan Syaikhul Islam Thailand: Kaum Muslim Thailand Memperoleh Hak-hak Agama secara Penuh

Written By Unknown on Monday 8 August 2016 | 22:30:00


Abdullah Numsok, perwakilan Syaikhul Islam Thailand dalam sebuah konferensi pers menegaskan, kaum muslim negara ini seperti para penganut agama lainnya, mendapatkan hak-hak agama dan kewarganegaraan mereka secara penuh.

Menurut laporan IQNA seperti dikutip dari INA, Abdullah Numsok yang berbicara dalam konferensi pers di hadapan para wartawan dan para pemilik media dari negara-negara Arab mengungkapkan, kaum muslim Thailand mayoritas tinggal di propinsi selatan negara ini dan mendapatkan hak-hak agama dan kewarganegaraannya secara penuh sebagaimana para penganut agama lainnya.

"Dalam sistem kerajaan Thailand, tidak ada perbedaan dalam jabatan di pemerintahan antara kaum muslim dengan para penganut agama lainnya, dan sampai sekarang kaum muslim memiliki jabatan kementerian dan tingkat politik yang tinggi,” imbuhnya.

Abdullah Numsok menegaskan, markas nasional urusan Islam Thailand terdiri dari dewan Syaikhul Islam, komite markas urusan Islam, perpustakaan Islam dan lembaga pengawas makanan halal dan pemerintah Thailand mendukung secara penuh markas-markas ini.

Di penghujung ia mengatakan, jabatan Syaikhul Islam di Thailand dipilih dengan partisipasi anggota 93 cabang dewan ini di pelbagai propinsi negara ini dan dewan ini memiliki interaksi baik dengan negara-negara Arab. Wakil Syaikhul Islam Thailand dalam konferensi ini mengabarkan tentang kaum muslim mendapatkan hak-hak penuh kewarganegaraan dan agama, namun terkadang kaum muslim di selatan Thailand mendapat kekerasan etnis dari pihak para ektremis Buddha.

(INA/IQNA/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: