Pesan Rahbar

Home » , » Pesan Imam Baqir as Dalam Mendidik Anak

Pesan Imam Baqir as Dalam Mendidik Anak

Written By Unknown on Wednesday 14 September 2016 | 01:34:00


“Sebagaimana paling baiknya perlakuan orang lain yang kita inginkan, maka perlakukanlah orang lain dengan sebaik-baiknya sebagaimana kita ingin diperlakukan”.

Salah satu kekhususan fitrah yang Allah berikan kepada manusia adalah cinta dan kasih sayang, yang salah satu permasalahan penting dalam fitrah cinta dan kasih sayang ialah menjaga moderasi dan menerapkan keadilan.

Dalam hal ini Imam Baqir as bersabda “terkadang aku kepada beberapa anak-anakku menampakan kecintaanku kepada mereka, aku mendudukannya di atas pahaku, aku memberikannya alat tulis, dan aku masukan ke mulutnya gula-gula, sementara aku mengetahui terdapat hak pada yang lainnya, namun aku melakukan hal ini supaya yang lainnya tidak saling cemburu, sehingga merea jangan sampai melakukan apa yang dilakukan saudara-saudara Yusuf”.

Begitu juga pada nabi Isa as, dimana sekelompok orang dari pengikutnya berlebihan dan ekstrem dalam mencintai nabi Isa as, dan bahkan menisbahkan maqam Tuhan kepada diri nabi Isa as, dan solusi terbaik untuk mengatasi ini semua adalah menjaga dan menerapkan keadilan dalam mencintai seseorang.

Sebagai manusia memiliki rasa cinta dan kasih sayang, ia ingin dihormati oleh orang lain, ia ingin orang lain menghargainya, tidak berbicara kepadanya dengan nada keras, angkuh dan kata-kata yang buruk, dengan begitu orang lain juga ingin diperlakukan dengan cara yang sama.

Dengan komunikasi yang baik dan tepat dapat merubah dan menghilangkan sifat-sifat buruk seseorang, sebagaimana Imam Baqir as dalam sebuah riwayatnya mengatakan “sebagaimana paling baiknya perlakuan orang lain yang kita inginkan, maka perlakukanlah orang lain dengan sebaik-baiknya sebagaimana kita ingin diperlakukan”.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: