Pesan Rahbar

Home » » Iran Sebut Latihan Perang Saudi di Teluk Persia Aksi Provokasi

Iran Sebut Latihan Perang Saudi di Teluk Persia Aksi Provokasi

Written By Unknown on Sunday 9 October 2016 | 22:40:00

Arab Saudi menggelar latihan perang di Teluk Persia yang memicu kemarahan Iran. (Foto: Istimewa)

Iran mengeluarkan peringatan keras kepada Arab Saudi yang melakukan latihan perang di Teluk Persia. Korps pengawal revolusi Iran, IRGC, menyebut latihan perang tersebut sebagai aksi provokasi yang tidak perlu dengan risiko meningkatkan ketegangan di wilayah itu.

Pada Selasa lalu, Arab Saudi telah memulai latihan perang di Teluk Persia yang disebut Latihan Perisai Teluk 1. Latihan ini melibatkan kapal perang, pesawat, kapal cepat, dan unit elit angkatan laut. Latihan ini akan berlangsung di Laut Oman dan Selat Hormuz.

Teheran lantas menunjukkan ketidaksenangannya terhadap latihan tersebut karena terlalu dekat dengan perairan Iran. Teheran pun telah memperingatkan siap bereaksi terhadap segala aksi provokasi.

"Pasukan angkatan laut dari IRGC percaya latihan militer ini adalah contoh jelas dari menciptakan ketegangan dan merusak keamanan yang stabil di Teluk Persia," bunyi pernyataan IRGC seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (7/10/2016).

"Tak satu pun dari kapal angkatan laut yang berpatisipasi dalam latihan ini diperbolehkan masuk tanpa izin ke perairan Iran dan dalam situasi harus mendekati perairan Iran harus meminta izin. Setiap pelanggaran tidak akan dianggap sebagai sebuah kesalahan yang tidak berbahaya," imbuh pernyataan itu.

"[IRGC] akan mengambil tindakan proporsional dan cepat terhadap segala jenis gerakan, upaya atau tindakan untuk mengganggu perdamaian dan keamanan di Teluk Persia, Selat Hormuz dan Laut Oman," demikian bunyi pernyataan itu.

(Sputnik/Sindo-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: