Pesan Rahbar

Home » » Madzhab Syiah dan Sunni Sama-sama Beriman Pada Keesaan Allah

Madzhab Syiah dan Sunni Sama-sama Beriman Pada Keesaan Allah

Written By Unknown on Saturday 15 October 2016 | 21:57:00


Sambutan Sekretaris Jenderal Liga Universitas Islam Sedunia atas Fatwa Ayatullah Khamenei

Sejumlah ulama senior UniversitasAl-Azhar menyatakan bahwa sekarang sudah tiba saatnya bagi umat Islam untuk mengakhiri konflik pemikiran lama antara Ahlusunnah dan Syi’ah, terlebih sekarang sudah terjalin hubungan baik antara kedua pihak.


Mereka menandaskan, ”Sudah tiba saatnya bagi kita semua untuk menghindari pergesekan dan kembali kepada al-Quran yang memandang Islam sebagai ajaran yang mempersatukan semua kelompok.”

Para ulama Al-Azhar juga menyebut fatwa haram Ayatullah Ali Khamenei atas penghinaan terhadap istri dan sahabat Rasulullah saw sebagai fatwa yang cerdas dan sangat bermanfaat bagi Syi’ah maupun Ahlusunnah.

Mereka menegaskan bahwa kalangan yang bijak di tengah umat Islam harus mengindahkan fatwa ini serta tidak terpancing oleh pernyataan-pernyataan oknum-oknum sektarian dan radikal yang tujuannya tak lain adalah mengobarkan fitnah dan perpecahan di tengah umat Islam.

Rektor Al-Azhar Syekh Ahmad Tayyeb mengingatkan bahwa perselisihan antara Ahlusunnah dan Syi’ah bukan berkenaan dengan ushuluddin (pokok-pokok agama) melainkan hanya menyangkut masalah-masalah furu’ (cabang).

”Pendekatan antarmazhab Islam,” ujar dia, “adalah salah satu prioritas Al-Azhar dalam beberapa tahun terakhir lni.” Dia menambahkan, “Al-Azhar sama sekali tidak membedakan antara Syi’ah dan Sunni, karena keduanya sama-sama beriman kepada keesaan Allah dan risalah Nabi Muhammad saw.”

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Liga Universitas Islam Sedunia Prof. Dr. Ja’far Abdussalam menyatakan dan para ulama Al-Azhar lainnya mengenai fatwa Ali Khamenei. Abdussalam menegaskan, ”Umat Islam tidak akan dapat berdiri tegak tanpa persatuan.

Saya sebagai seorang cendekiawan Sunni menegaskan bahwa mazhab Syi’ah memiliki banyak pengikut yang sangat solid. Karena itu, tidak boleh kita menekan mereka agar meninggalkan mazhab mereka. Sebaliknya, kita harus memanfaatkan kekuatan orang-orang Syi’ah untuk menggalang persatuan Dunia Islam.”

Sumber : Dr. M. Hasan Tabraiyyan, Dr. M. Mahdi Taskhiri : Fatwa Resmi Syiah Terhadap Simbol Ahlussunah

(Syiah-Menjawab/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: