Pesan Rahbar

Home » » Tehran dan Rabat Saling Tukar Duta Besar

Tehran dan Rabat Saling Tukar Duta Besar

Written By Unknown on Monday 17 October 2016 | 03:46:00


Maroko adalah salah satu negara muslim di Afrika Utara yang hendak memulai sebuah hubungan baru dengan Tehran. Hubungan kedua negara telah putus selama tujuh tahun terakhir ini.

Sekarang, setelah tujuh tahun putus hubungan dengan Tehran, Rabat telah memperkenalkan duta besar untuk Iran beberapa hari lalu.

Raja Maroko akan menunjuk Hasan Hima sebagai duta besar Maroko supaya menjadi start hubungan baik antaran Tehran dan Casablanca. Sebelum ini, ia pernah menjabat sebagai duta besar Maroko untuk Baku, Azerbaijan.

Sebagai balasan, Tehran juga telah menunjuk Muhammad Taqi Mau‘idi sebagai duta besar untuk Casablanca. Sebelum ini, Mau‘idi pernah menjabat sebagai duta besar Iran untuk Yunani dan Belanda.

Banyak sekali potensial yang bisa dibangun dalam hubungan Tehran dan Casablanca di bidang investasi dan teknologi.

Hubungan Iran dan Maroko dari sejak kemenangan Revolusi Islam Iran terputus karena Maroko memberikan perlindungan kepada Syah Pahlevi. Setelah Perang Iran-Iraq usai, Maroko mengirimkan delegasi di bawah pimpinan Perdana Menteri kala itu untuk membuka hubungan dengan Iran. Akan tetapi, hubungan ini tidak lama bertahan dan putus kembali pada tahun 2009.

Kerajaan Maroko adalah sebuah negara yang memiliki garis pantai yang sangat panjang di Samudera Atlantik. Secara geografis, memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal. Ia merupakan salah satu dari hanya tiga negara (dengan Spanyol dan Prancis) yang memiliki garis pantai di Samudra Atlantik dan juga di Laut Mediterania. Maroko memiliki populasi lebih dari 33.800.000 dan luas 446.550 km2 (172.410 sq mi). Ibukotanya adalah Rabat. Kota terbesar adalah Casablanca.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: