Pesan Rahbar

Home » » Peran Arba’in Dalam Mempersiapkan Kemunculan Imam Zaman afs

Peran Arba’in Dalam Mempersiapkan Kemunculan Imam Zaman afs

Written By Unknown on Sunday 13 November 2016 | 00:05:00


Arba’in yakni menegakkan hak dan keadilan dan membuat pemerintahan syari’at Islam. Arba’in yakni menjaga dan menghormati nilai-nilai kesyahidan Imam Husain as, keluarganya dan para sahabat-sahabat setianya.

Shabestan News Agency melaporkan dari Masjid Jamkaran, Hujjatul Islam Ghulam Ridha Syahini menjelaskan bahwa peringatan Arba’in memecahkan rekor sebagai acara yang dapat mengumpulkan manusia terbanyak dalam satu hari di dunia, namun di samping hal ini, kriteria khusus yang terdapat dalam peringatan ini selain Asyura dan hari-hari di bulan Muharram ialah orang-orang yang dengan penuh cinta bergerak ke satu arah yaitu makam Imam Husain as.

Arba’in bermakna 40 hari kesyahidan, yakni hari dimana kembalinya Ahlul Haram dari Syam ke Madinah, dan pada hari ini juga sahabat-sahabat setia dan pecinta Imam Husain as berduka di sisi makamnya, jelas Hujjatul Islam Syahini.

Pengajar di hauzah ilmiah ini lebih lanjut mengatakan, Arba’in yakni menegakkan hak dan keadilan dan membuat pemerintahan syari’at Islam. Arba’in yakni menjaga dan menghormati nilai-nilai kesyahidan Imam Husain as, keluarganya dan para sahabat-sahabat setianya.

Dengan melihat bahwa salah satu di antara laqab Imam Zaman afs adalah Al-Qaim, yakni yang menegakkan seperti makna dan konsep yang Imam Husain as lakukan di Karbala sehingga mereguk kesyahidan. Dan karena Imam Zaman afs mewarisi darah Imam Husain as dalam tubuhnya, maka nanti saat beliau afs muncul akan menyempurnakan makna dan konsep kebangkitan.

Ritual duka yang dilakukan pecinta Imam Husain as di hari Arba’in, laki-laki dan wanita, tua dan muda, besar dan kecil semua serempak berjalan menuju Karbala. Sebagaimana yang ditekankan para Imam Makshum as bahwasanya Imam Zaman afs akan menuntut darah Karbala, dan kelak ia akan mengambil alih pemerintahan dari tangan orang-orang batil.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: