Pesan Rahbar

Home » » Dubes AS Jamin Kerja Sama AS-Indonesia Tetap Baik di Masa Trump

Dubes AS Jamin Kerja Sama AS-Indonesia Tetap Baik di Masa Trump

Written By Unknown on Thursday 19 January 2017 | 17:11:00

Joseph R Donovan, Dubes AS untuk Indonesia di ponpes As Salam.

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan, mengaku belum bisa menjawab lontaran pernyataan Menkeu Sri Mulyani mengenai perubahan kebijakan kerja sama ekonomi atara Indonesia dengan AS setelah Donald Trump menjabat Presiden. Namun dia menjamin kerja sama bilateral berbagai bidang akan terus berlanjut, termasuk bidang ekonomi.

"Saya menaruh hormat kepada Ibu Menteri (Sri Mulyani) mengenai rencana kerja sama ekonomi di masa yang akan datang. Namun saya belum bisa memberikan banyak pernyataan, kita belum bisa membahasnya karena belum ada kebijakan tertentu tentang itu. Tapi saya yakinkan bahwa kerja sama itu akan tetap ada untuk selanjutnya," ujar Donovan kepada wartawan saat berkunjung di Pesantren Assalaam, Sukoharjo, Kamis (19/1).

Sebelumnya di hadapan sekitar 2.000 santri Assalaam, Donovan juga meyakinkan bahwa Amerika Serikat akan tetap menyambut baik semua tamu yang datang. Jawaban itu menjawab pertanyaan seorang santri mengenai kondisi yang akan terjadi Amerika Serikat setelah Trump resmi menjabat presiden nanti.

Dia mengakui bahwa pertanyaan-pertanyaan seperti itu saat ini ada di benak banyak orang. Namun menengok sejarah, Amerika Serikat didirikan oleh banyak orang yang ingin mempraktekkan agama dan keyakinannya.

"Undang Undang Dasar kami menjamin setiap orang dan warga negara mempraktikkan agama dengan beribadah secara bebas. Amerika Serikat seperti Indonesia yang beragam dan banyak kepercayaan. Warganya sangat menghargai masing-masing individu dan menghormati orang lain. Meskipun ini kadang sulit dilakukan namun ini yang harus kita capai dengan kerja keras," kata dia.

Dia bahkan mengajak para santri untuk meneruskan pendidikan ke Amerika Serikat. Dia menjamin bahwa para santri akan mendapat suasana Amerika yang toleran dan saling memahami dan menghormati, termasuk dengan umat Islam.

Saat ini, kata dia, Indonesia dan Amerika Serikat sudah sepakat untuk kerja sama di bidang penerbangan sipil. Karena itu akan lebih tepat jika para santri meneruskan pendidikan bidang teknik kedirgantaraan di berbagai universitas terkemuka di Amerika.

"Buktikan nanti jika Anda ke Amerika. Datanglah, akan dapat pengalaman yang berbeda. Tanyakan pada senior Anda yang lebih dulu belajar di negara kami. Anda akan mendapat jawaban yang luar biasa dan beda. Amerika akan menawarkan banyak pengalaman selama Anda belajar di sana, bukan pengalaman tunggal. Anda juga akan dengan mudah menemukan makanan halal di Amerika," tuturnya.

(Kompas/Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: