Pesan Rahbar

Home » » Polri, Tokoh dan Ormas Islam Silaturhmi Bahas Kamtibmas

Polri, Tokoh dan Ormas Islam Silaturhmi Bahas Kamtibmas

Written By Unknown on Tuesday 31 January 2017 | 12:31:00

Silaturahmi Polri, Ulama dan ormas Islam.

Polri bersama para tokoh agama dan organisasi masyarakat Islam menggelar silaturahim untuk membahas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pertemuan yang sedianya hendak dibuka oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah digantikan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komisaris Jenderal Putut Eko Bayuseno karena Kapolri harus menghadiri acara pengarahan terkait pengamanan Pilkada serentak 2017 di Hotel Bidakara.

Kapolri Putut mengatakan, banyak konflik masyarakat yang terjadi di tingkat pusat hingga akar rumput, terutama yang terjadi menjelang pelaksanaan Pilkada yang digelar pertengahan Februari.

Polri, kata dia, tidak bisa sendirian menghadapi ancaman keamanan tersebut.

"Oleh karena itu, kita rangkul, bersilaturahim dengan ormas Islam, tokoh agama, para ulama, untuk bekerja sama membina masyarakat agar tidak menjadi korban atau pelaku gangguan kamtibmas," ujar Putut dalam sambutannya di Auditorium PTIK, Jakarta, Selasa (31/1).

Selain itu, pertemuan ini menjadi ajang mempererat hubungan Polri dan ormas Islam karena kesamaan tugas untuk membina masyarakat.

Bersama dengan ulama, Polri melakukan deteksi dini untuk melihat letupan di tingkat bawah yang berpotensi menjadi konflik jika dibiarkan. Putut tak ingin semua permasalahan dibawa ke jalur hukum.

Sebisa mungkin, suatu masalah di masyarakat diselesaikan terlebih dahulu dengan musyawarah mufakat.

"Tentu tidak bisa bekerja sendiri. Kami berharap keterlibatan para ulama, tokoh agama, pemimpin ormas, dari pondok pesantren ikut bersama selesaikan masalah ini," kata Putut.

Polri mengundang sejumlah ormas Islam, antara lain Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Gerakan Pemuda Islam Indonesia, Ikatan Persaudaraan Muslim Indonesia, dan juga dihadiri imam besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Acara ini turut dihadiri perwakilan dari Kementerian Koordinator Politik, Hukim, dan Keamanan; Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Agama; serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

(Reuters/Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: