Pesan Rahbar

Home » » Perundingan Iran- Saudi Soal Haji Berlanjut

Perundingan Iran- Saudi Soal Haji Berlanjut

Written By Unknown on Saturday 4 March 2017 | 19:18:00


Tema-tema penting dan utama yang diusulkan Iran adalah adalah adanya dukungan, jaminan keselamatan, penjagaan harga diri para jamaah haji, pelayanan kesehatan serta masalah lainnya secara transparan dan jelas.

Pimpinan Lembaga Haji dan Ziarah Iran, Hamid Muhammadi mengatakan bahwa perundingan antara Republik Islam Iran dan Arab Saudi terkait diperkenannya jamaah haji Iran untuk berhaji pada musim ini, masih terus berlanjut. Jika perundingan itu berhasil mencapai titik temu maka jamaah haji ini dipastikan untuk dapat menunaikan ibadah wajib agamanya itu pada tahun ini.

Sebagaimana dilporkan pusat media lembaga haji dan ziarah, Hamid Muhammadi dalam jumpa persnya mengatakan, sejumlah persoalan dan tema-tema utama dalam perundingan tersebut telah selesai dibahas dengan Arab Saudi yang diwakili oleh Kemeterian Haji Saudi. Tema-tema penting dan utama yang diusulkan Iran adalah adalah adanya dukungan, jaminan keselamatan, penjagaan harga diri para jamaah haji, pelayanan kesehatan serta masalah lainnya secara transparan dan jelas.

Salah satu hasil dari perundingan itu adalah dikabulkannya permintaan Iran terkait pengadilan atau mahkamah atas insiden yang pernah terjadi dengan aparat keamanan Saudi di Bandara Jedah. Selain itu, juga dibahas sejumlah persoalan yang berkaitan dengan kesehatan saat pelaksanaan ibadah haji. Alangkah baiknya bila adanya konsulat Iran di Jeddah guna melayani langsung persoalan jamaah hajinya sendiri.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: