Pesan Rahbar

Home » » Peringati Duka Fatimah as, Dua Marja’ Ikut Longmarch

Peringati Duka Fatimah as, Dua Marja’ Ikut Longmarch

Written By Unknown on Saturday 4 March 2017 | 19:15:00


Kedua marja’ tersebut demi mengungkapkan rasa kesedihannya itu berjalan kaki di jalan-jalan kota Qom Iran menuju Haram Fatimah Maksumah yang terletak di pusat kota tersebut.

Sejumlah acara seperti majlis duka dan jalan kaki (longmarch) digelar dalam rangka peringatan syahadah wanita penghulu alam Fatimah az-Zahra as. Pada acara jalan kaki di kota Qom Iran, kemarin, ikut dihadiri oleh para marja’ besar, seperti Ayatullah Syeikh Wahid Khurasani dan Ayatullah Syeikh Sofi Gulpaigani.

Kedua marja’ tersebut demi mengungkapkan rasa kesedihannya itu berjalan kaki di jalan-jalan kota Qom Iran menuju Haram Fatimah Maksumah yang terletak di pusat kota tersebut. Disebutkan juga, Pimpinan Majlis Syura Republik Islam Iran, Ali Larijani juga sudah menuju kota Qom guna berpartisipasi dalam jalan kaki peringatan hari duka Fatimah as tersebut.

Fatimah az-Zahra alaihassalam memiliki sejumlah gelar atau julukan. Diantaranya, as-Shiddiqah, al-Mubarakah, at-Thahirah, az-Zakiyyah, ar-Radhiyyah, al-Mardhiyyah, al-Muhaddasaht, al-Batul, al-Haura, as-Sayyidah, Maryam al-Kubra, dan as-Shiqqiqatul Kubra. Dia juga memiliki nama panggilan seperti Ummu Abiha (ibu bagi ayahnya), Ummu al-Hasanain, Ummu al-Hasan, Ummu al-Husaien, Ummu al-Muhsin dan Ummu al-Aimmah.

Perlu disebutkan, Fathimah Zahra as dilahirkan lima tahun setelah diangkatnya Muhammad menjadi Rasulullah saww, ia menjadi simbol wanita muslimah dan penghulu wanita surga serta ibu para imam suci alaihimussalam. Fathimah as adalah kutup diantara kenabian dan keimamahan. Ia mencapai kesyahidan pada malam ketiga jumadil akhir tahun ke sebelas hijriah. Sedangan tempat dikuburkannya menjadi rahasia bagi manusia.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: