Pesan Rahbar

Home » » Memahami Rahasia dan Berkah Puasa

Memahami Rahasia dan Berkah Puasa

Written By Unknown on Monday 29 May 2017 | 15:53:00


Dalam riwayat disebutkan bahwa puasa adalah perisai dari api neraka, dan jika kita juga merenunginya maka kita akan mendapatkan berkah berpuasa di bulan suci ini

Shabestan News Agency, terkait dengan rahmat Allah swt di bulan suci Ramadhan dan pintu-pintu rahmat Allah terbuka lebar pada bulan Ramadhan, Hujjatul Islam Muhammad Jawad Rodgar menjelaskan bahwa Allah swt adalah Ar-rahman dan Ar-rahiim. Ar-rahman merupakan nama khusus dan sifat yang umum, ada[un Ar-rahiim merupakan nama umum dan sifat khusus.

Jika kita dapat memahami dengan baik masing-masing perbedaan keduanya, maka kita juga akan memahami rahasia bulan suci Ramadhan atau hari-hari lainnya yang memiliki kesucian dan spiritual.

Sebagaimana Rasulullah saww dalam khutbah Syakbaniyah mengajak orang-orang supaya mempersiapkan dirinya untuk memasuki bulan suci Ramadhan dan juga beliau menjelaskan sifat dan ciri khusus bulan suci Ramadhan, ujar Hujjatul Islam Rodgar.

Di dalam khutbah Syakbaniyah Rasulullah saww juga menyebut bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan jamuan Allah swt yang Allah swt sendiri yang mengajak hamba-hambanya untuk mendatangi jamuan Allah.

Jika mengkaji ayat dan riwayat yang berkenaan dengan kedudukan bulan suci Ramadhan maka kita akan memahami falsafah bulan ini dan kewajiban puasa di dalamnya, sebagaimana dalam ayat yang masyhur disebutkan “wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan puasa atas kalian sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian supaya kalian bertakwa.”

Kita harus mengkaji ayat ini dengan baik, dalam riwayat disebutkan bahwa puasa adalah perisai dari api neraka, dan jika kita juga merenunginya maka kita akan mendapatkan berkah berpuasa di bulan suci ini, demikian jelasnya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: