Ajaran Salafi Wahabi adalah, mengkafirkan sufi Ibnu Arabi, Abu Yazid al-Bustani. Mudah mengkafirkan muslim lain. Memvonis sesat kitab “Aqidatul Awam, dan Qashidah Burdah. Mengkafirkan dan menganggap sesat pengikut Mazdhab Asy’ari dan Maturidiyyah. Merubah beberapa bab kitab-kitab ulama klasik, seperti kitab al-Adzkar an-Nawawi. Mereka menolak perayaan Maulid Nabi Muhammad karena menganggap acara tersebut sebagai acara bid’ah, dan perbuatan bid’ah menurut mereka adalah sesat semuanya.
Mereka menilai acara yasinan tahlilan adalah ritual bi’ah, padahal kedua amalan tersebut tidak bisa dikatakan melanggar syari’at, karena secara umum bacaan dalam susunan tahlil ada dalil-dalilnya baik dari al-Qur’an dan al-Hadits seperti yang sudah disampaikan oleh para ulama-ulama terdahulu. Dan mereka menolak kitab “Ihya’ Ulumuddin” karya Imam al-Ghazali.
Inilah Info Lengkap Para Pengikut Wahabi
A. Ulama Wahabi
1. Syaikh Abdul Aziz bin Baz (1330 H – 1420 H)
2. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin (1347 H – 1421 H)
3. Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab (1115 H – 1206 H)
4. Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani (1333 H – 1420 H)
5. Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan (1345 H – ? )
6. Syaikh Muhammad bin Muhammad Dhiya’i
7. Syaikh Abdurahman bin Nashir As-Sa’di (1307 H – 1376 H)
8. Syaikh Muqbil bin Hady Al-Wadi’i ( ? – 1422 H)
9. Syaikh Abul A’ala Maududi al-Hindi
10. Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaly
11. Syaikh Muhammad Taqiyuddin An-Nabhani (1909 – 1977)
12. Syaikh Abdulloh bin Abdurrahman Al Jibrin
13. Syaikh Shalih bin Abdul Aziz As-Sindi
14. Syaikh Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali
15. Syaikh Abu Karimah Askari bin Jamal Al-Bugisi
16. Syaikh Abu Ishaq Al-Huwaini Al-Atsari
17. Syaikh Muhammad Abduh
18. Syaikh Said bin ali Al Wahf al-Qahthoni
19. Syaikh Muhammad Rasyid Ridha
20. Syaikh Muhammad al-Amin Asy-Syinqithi
21. Syaikh Abdul Muhsin bin Hammad Al-Abbad
22. Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu
23. Syaikh Abdurrazzaq ‘Afifi
24. Syaikh Hamud bin ‘Abdullah At-Tuwaijiri
25. Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu
26. Syaikh Ali Hasan Al Halaby (1380 H)
27. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Bassam
28. Syaikh Abdullah bin Abdul-Aziz bin ‘Aqil
29. Syaikh Abu Ubaidah Masyhur Hasan Salman
30. Syaikh Bakr Abu Zaid
31. Syaikh Ali Mahfuzh
32. Syaikh Muhammad ‘Abdussalam
33. Syaikh Nida Abu Ahmad
34. Syaikh Sa’ad Yusuf Abu Aziz
35. Syaikh Mahmud Al-Baghdadi Al-Alusi
36. Syaikh ‘Abdullah bin Shalfiq Al-Qasimi Azh-Zhafiri
37. Syaikh ‘Ali bin Yahya bin ‘Ali bin Muhammad Al-’Amiri Al-Haddadi
38. Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat
39. Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
40. Ustadz Abu ‘Amr Ahmad
41. Ustadz Abu ‘Abdillah Muhammad Syarbini
42. Ustadz Dzulqarnain Al Makassariy
43. Ustadz ‘Abdul Mu’thi Al-Maidani
44. Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal
45. Ustadz Luqman Ba’abduh
46. Ustadz Muhammad Umar As-Sewed
47. Ustadz Abu Mundzir Dzul Akmal
48. Ustadz Jafar Salih
49. Ustadz Idral Harits
50. Ustadz Abu Hamzah Yusuf Al Atsary
51. Ustadz Mundzir Abu Ibrahim
52. Ustadz Abdurrahman Lombok
53. Ustadz Abu Umar Ibrohim
54. Ustadz Adib
55. Ustadz Nashrullah Abdul Karim Lc.
56. Ustadz Mukhtar
57. Ustadz Agus Suady
58. Ustadz Abdul Haq
59. Ustadz Abdul Jabbar Al-Bantuli
60. Ustadz Abu Abdillah Muhammad Higa
61. Ustadz Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja, Lc.
62. Ustadz Abu ‘Ali
63. Ustadz Zaid Susanto, Lc.
64. Ustadz Arifin Ridin, Lc.
65. Ustadz Abdullah Sholeh Ali Hadrami
INILAH SYEKH MEREKA DAN USTADZ YANG DITAQLID BUTA OLEH PENGIKUT WAHABI. DAN SALING TAQLID BUTA
B. Ciri/Kelakuan
Ciri/Kelakuan Wahabi biasanya suka memberi gelar yang jelek pada kelompok lain ;
1. NU biasanya disebut sebagai quburiyyin.
2. PKS dan HTI sering disebut sebagai hizbiyyun atau neo-khowarij.
3. Imam al Ghazali digelari sebagai ahlul bid’ah
4. Bahkan mereka berani mengkritik Sayyidina Umar al Faruq.
6 delele….
C. CIRI BUKU
CIRI BUKU MEREKA:
1. Dari designnya yang khas biasanya ada semacam motif ukiran dalam designnya tidak ada foto atau gambar, biasanya tulisannya dibuat bagus dan dihiasi motif
2. Dari pengarangnya, biasanya syekh, ustadz, abu…, bin… , al-…,contoh syekh Nashirudin al-bani, ustadz abu qatadah, syekh abdullah bin baaz, ustadz zaenal abidin,Lc.
Namun title ini tidak pasti hanya biasanya saja kadang ada juga dari kita seperti Syekh Hasan ali assaqaf, mufti mekkah madzhab syafi’i
3. Dari isinya yakni ulama rujukannya, biasanya melibatkan Imam Ibnu Taimiyyah yang disebut sebagai syaikhul Islam. Sama Seperti syekh al-bani,syaikh khusaimi, syekh abdullah bin baaz dll.
5. Menggunakan kata-kata yang khas seperti : ditakhrij, dishahihkan oleh al-bani.
D. MAJALAH MEREKA
1. Assunnah, ini yang pertama
2. Al-furqan, ini yang kedua
3. El-fata, ini untuk kalangan remaja
4. Al-wildan, ini untuk anak-anak
5. Aljihad
6. Delele kayaknya banyak tapi gk laku dan sering disebarkan, yag tw di bagi2 supaya selamat dari kesalahan., akibat baca buku hasil kitab mereka sendiri dan kitab ulama yang dirusak.
E. Situs-situs dan Ustadz Wahabi
Ini mereka kumpulkan sendiri situs-situs milik wahabi di http://situs.assunnah.web.id/
Berikut Link dan Ustadz wahabi:
1. http://ustadzabdulhakim.co.cc/ (Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat)
2. http://media-ilmu.com/ (Ustadz Zainal Abidin, Lc)
3. http://abuhaidar.web.id/ (Ustadz Abu Haidar)
4. http://ustadzkholid.com/ (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc)
5. http://ustadzaris.com/ (Ustadz Aris Munandar, SS)
6. http://abiubaidah.com/ (Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi)
7. http://ahmadsabiq.com/ (Ustadz Ahmad Sabiq)
8. http://abuzubair.net/ (Ustadz Abu Zubair, Lc)
9. http://abumushlih.com/ (Ustadz Abu Mushlih Ari Wahyudi, SSi)
10. http://tanyajawabagamaislam.blogspot.com/ (Ustadz Abdullah Roy, Lc)
11. http://basweidan.wordpress.com/ (Ustadz Basweidan, Lc)
12. http://abu0dihyah.wordpress.com/ (Ustadz Marwan)
13. http://addariny.wordpress.com/ (Ustadz Musyaffa Ad-Dariny, Lc)
14. http://abusalma.co.cc/ (Ustadz Abu Salma)
15. http://noorakhmad.blogspot.com/ (Ustadz Abu Ali)
16. http://fariqgasimanuz.wordpress.com/ (Ustadz Fariq Gazim An-Nuz)
17. http://penuntutilmu.multiply.com/ (Ustadz Subkhan Khadafi, Lc)
18. http://abul-jauzaa.blogspot.com/ (Ustadz Abul Jauzaa)
19. http://serambimadinah.com/ (Website yang diasuh oleh para ustadz yang sedang menimba ilmu di kota Madinah An-Nabawiyah)
20. http://abufawaz.wordpress.com/ (Ustadz M. Wasitho, Lc)
21. http://alisamanhasan.blogspot.com/ (Ustadz Ali Saman Hasan, Lc)
22. http://adniku.wordpress.com/ (Ustadz Adni Kurniawan, Lc)
23. http://albamalanjy.wordpress.com/ Ustadz Abu Ubaidillah (Majalah Nikah)
24. http://alazharmesir.co.cc/ (Website yang diasuh oleh para mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir)
25. http://abuthalib.blogspot.com/ (Ustadz Andi Abu Thalib)
26. http://abuabdurrahman.wordpress.com/ Ustadz Abu Abdirrahman (Al Azhar Mesir)
27. http://al-atsariyyah.com/ (Ustadz Muawiyah Hammad)
28. http://abu-ukkaasyah.co.cc/ Ustadz Abu Ukkaasyah (Ma’had Ibnu Abbas)
29. http://rumaysho.com/ (Ustadz Muhammad Abdul Tuasikal, ST)
Link Lainnya:
* Abdul Azhim Badawi (http://www.ibnbadawy.com/)
* Abdul Aziz Alu Syaikh (http://www.sahab.ws/5600/news/3399.html/)
* Abdul Aziz ar-Rajihi (http://www.sh-rajhi.com/rajhi/
* Abdul Aziz ar-Rayyis (http://www.islamancient.com/
* Abdul Aziz bin Bazz (http://www.ibnbaz.org.sa/)
* Abdul Aziz Bura’i (http://www.alburaie.com/new/index.php/)
* Abdul Muhsin Abbad (http://www.alabad.jeeran.com/)
* Abdul Muhsin Ubaikan (http://www.obaykan.com/)
* Abdul Qadir al-Arnauth (http://www.alarnaut.com/)
* Abdullah al-Fauzan (http://www.alfuzan.islamlight.net/)
* Abdullah azh-Zhafiri (http://www.sahab.ws/6111/)
* Abdullah Jibrin (http://www.ibn-jebreen.com/)
* Abdur Razaq Afifi (http://www.afifyy.com/)
* Abdus Salam Barjas (http://www.burjes.com/
* Abu Abdil Muiz Firkuz (http://www.ferkous.com/rep/index.php/)
* Abu Ashim al-Ghomidi (http://www.abouassim.net/)
* Abu Bakr al-Mishri (http://www.abu-bkr.com/)
* Abu Islam Shalih Thaha (http://www.abuislam.net/)
* Abu Malik al-Juhanni (http://www.abumalik.net/)
* Abu Umar al-Utaibi (http://www.otiby.net/)
* Ahmad Yahya Najmi (http://www.njza.net/web/)
* Ali Hasan al-Halabi (http://www.alhalaby.com/)
* Ali Ridha (http://www.albaidha.net/vb/)
* Ali Yahya al-Haddadi (http://www.haddady.com/)
* Alwi as-Saqqof (http://www.dorar.net/)
* Hisyam al-Arifi (http://www.aqsasalafi.com/)
* Imam al-Ajurri (http://www.ajurry.com/)
* Kholid al-Mushlih (http://www.almosleh.com/index.shtml/)
* Lajnah Daimah (http://www.alifta.com/default.aspx/)
* M Ismail Muqoddam (http://www.m-ismail.com/)
* M. Abdillah al-Imam (http://www.sh-emam.com/)
* M. al-Hamud an-Najdi (http://www.al-athary.net/)
* M. Aman al-Jami (http://www.aljami.net/)
* M. Ibrahim al-Hamd (http://www.toislam.net/)
* M. Khalifah Tamimi (http://www.mediu.org/)
* Majdi Arafat (http://www.magdiarafat.com/)
* Masyaikh Sudan (http://www.marsed.org/)
* Masyhur Hasan Salman (http://www.mashhoor.net/)
* Muhammad Al-Maghrawi (http://www.maghrawi.net/)
* Muhammad al-Utsaimin (http://www.ibnothaimeen.com/)
* Muhammad Musa Nashr (http://m-alnaser.com/
* Muhammad Said Ruslan (http://www.rslan.com/)
* Muqbil bin Hadi (http://www.muqbel.net/)
* Musthofa al-Adawi (http://www.aladawy.info/)
* Nashir al-Barrak (http://albarrak.islamlight.net/)
* Nashirudin al-Albani (http://www.alalbany.net/)
* Robi’ al-Madkholi (http://www.rabee.net/)
* Sa’ad al-Hushayin (http://www.saad-alhusayen.com/)
* Said Abdul Azhim (http://www.al-fath.net/)
* Salim al-Ajmi (http://www.sahab.ws/3250/)
* Salim Ied al-Hilali (http://www.islamfuture.net/)
* Shalih al-Fauzan (http://www.alfawzan.ws/alfawzan/default.aspx/)
* Shalih as-Suhaimi (http://www.assuhaimi.com/)
* Shalih Sa’ad as-Suhaimi (http://WWW.sahab.ws/4435/)
* Sulthan al-Ied (http://www.sahab.ws/3147/)
* Taqiyudin al-Hilali (http://www.alhilali.net/)
* Ulama Yaman (http://WWW.olamayemen.com/html/)
* Wahid Abd Salam Bali (http://www.waheedbaly.com/)
* Yahya al-Hajuri (http://www.sh-yahia.net/)
Link Bahasa Arab Wahabi:
* Ahlul Hadits wal Atsar (http://www.alathar.net/)
* al-Menhaj (http://www.almenhaj.net/)
* Majalah Al-Ashalah (http://www.asaala.net/)
* Maktabah Misykatul Islamiyyah (http://www.almeshkat.net/books/)
* Maktabah Ruuhul Islam (http://www.islamspirit.com/)
* Maktabah Sahab Salafiyyah (http://www.sahab.org/)
* Maktabah Shayidul Fawaid (http://www.saaid.net/book/index.php/)
* Markaz Albani (http://www.albanicenter.net/)
* Multaqo Salafiyyah (http://www.salafiyat.com/)
* Muntadiyat al-Barq (http://www.al-barq.net/)
Link Bahasa Inggris Wahabi:
* Abdur Ra’uf Shakir (http://www.islamlecture.com/)
* Ahlul Hadeeth (http://www.ahlulhadeeth.net/php/)
* al-Baseerah (http://www.albaseerah.org/)
* al-Ibanah (Ismail al-Arcoon) (http://www.al-ibaanah.com/)
* al-Muflihoon (http://www.almuflihoon.com/)
* Albani Center (http://www.aasaala.com/)
* Call to Islam (http://www.calltoislam.com/)
* Darul Ihsan (http://www.darulehsaan.com/)
* Abdul Qadir al-Arnauth (http://www.alarnaut.com/)
* Darul Kitab wal Hikmah (http://www.dkh-islam.com/)
* DR. Bilal Philips (http://www.bilalphilips.com/)
* DR. Salih as-Saalih (http://www.understand-islam.net/)
* Fatwa Online (http://www.fatwa-online.com/)
* Islamic Knowledge (http://www.islamicknowledge.co.uk/)
* Jalal Abu Alrub (http://www.islamlife.com/news.php/)
* Madeenah (http://www.madeenah.com/)
* Nadir Ahmad (http://www.examinethetruth.com/)
* Riyadhus Salihin (http://www.ryadussalihin.org/en/)
* Salafi Manhaj (http://www.salafimanhaj.com/)
* Umm Junayd (http://www.ummjunayd.info/)
Link Bahasa Indonesia Wahabi:
* Starter Page (http://www.salafi.or.id/)
* Al-Manhaj (http://www.almanhaj.or.id/)
* Muslim.or.id (http://www.muslim.or.id/)
* Villa Baitullah (http://www.vbaitullah.or.id/)
* Fatwa Ulama (http://www.fatwa-ulama.com/)
* Perpustakaan Islam (http://www.perpustakaan-islam.com/)
* Sholat Kita (http://www.sholat-kita.cjb.net/)
* Yayasan Dar el-Iman Padang (http://www.dareliman.or.id/)
* Forum Studi Unand Padang (http://www.forum-unand.blogspot.com/)
* Daarus Sunnah (http://www.daarussunnah.co.nr/)
* Tarbiyah Singapore (http://www.tarbiyah-sg.info/)
* Manhaj.or.id (http://www.manhaj.or.id/)
* Hakekat Syi’ah Imamiyah (http://www.hakekat.com/)
* Google As Sunnah (http://google.assunnah.web.id/)
* Feed Situs As Sunnah (http://situs.assunnah.web.id/)
* Forum As Sunnah (http://forum.assunnah.web.id/)
Link Bahasa Muslimah Wahabi:
* Muslimah.or.id (http://www.muslimah.or.id/)
* Jilbab Online (http://www.jilbab.or.id/)
* Ummu Salma (http://www.ummusalma.wordpress.com/)
Link Media Online Wahabi:
* Audio Salafi (http://www.assunnah.mine.nu/)
* Ngaji Online (http://www.ngaji-online.com/)
* Radio Rodja (http://www.radiorodja.com/)
* Radio Hang Batam (http://www.hang106.or.id/)
* Radio Assunnah (http://www.assunnah.com/)
* Radio Suara Qur’an Sukoharjo (http://www.radiosuaraquran.co.cc/)
Link Jadwal Kajian Wahabi:
* Jadwal Kajian (http://www.jadwal.kajian.org/)
* Info Kajian Muslim (http://www.muslim.or.id/infokajian/
Link Lembaga Pendidikan Wahabi:
* Ma’had Imam Bukhari Surakarta (http://www.bukhari.or.id/
* Ma’had ‘Ali al-Irsyad Surabaya (http://www.mahad.info/)
* Madrasah Imam Ahmad bin Hanbal Semarang (http://binhambal.wordpress.com/)
* MEDIU Jogja (http://www.mediujogja.com/)
Link Majalah Wahabi:
* Majalah As Sunnah (http://www.bukhari.or.id/)
* Majalah elFata (http://www.majalah-elfata.com/)
* Majalah Nikah (http://www.majalah-nikah.com/)
* Majalah Fatawa (http://fatawa.atturots.or.id/)
* Majalah al Mawaddah (http://www.almawaddah.co.nr/)
* Majalah Assaliim (http://www.majalah-assaliim.com/)
Link Weblog Wahabi:
* Abu Salma (http://abusalma.wordpress.com/)
* Salafy ITB (http://salafyitb.wordpress.com/)
* Assunnah WEB ID (http://assunnah.web.id/)
* Ustadz Kholid Syamhudi (http://ustadzkholid.wordpress.com/)
* Abu Faris (http://adniku.wordpress.com/)
* Muhammad Abduh Tuasikal (http://rumaysho.wordpress.com/)
* Bambang Wahono (http://wahonot.wordpress.com/)
* Salafiyun UNPAD (http://salafiyunpad.wordpress.com/)
Salafi Wahabi hancurkan N.U demi uang, cewek dan Amerika, Orang Badui Wahabi Menjerat gadis gadis N.U
Wahabi menghalalkan segala cara maka warga Nu harus tahu bagaimana wahabi di arab saudi mengembangkan ideologinya yakni dengan segala cara termasuk membunuh dan menuduh kafir, musyrik kepada yang tidak sejalan dengannya. Untuk itu, NU harus siap menanggulangi dengan cara apapun walau dengan kekerasan sekalipun. Ingat, mereka tidak segan-segan bertindak keras dan kasar kepada orang islam, bahkan ulama sunni yang berseberangan dengan mereka terus dihujat dan kitab-kitabnya dirubah.
Orang Badui Wahabi Menjerat gadis gadis N.U.
Caranya ??
1. gadis gadis wahabi menyebar bulletin dan majalah salafi kepada gadis gadis N.U
2. Gadis gadis N.U lalu diajak gabung menjadi anggota pengajian salafi, ada yang manut/ikut karena wahabi berkedok salafussaleh
3. Setelah menjadi “ukhti wahabi” maka gadis gadis eks N.U ini dinikahi satu demi satu oleh akhi akhi wahabi yang masih lajang
4. Setelah dinikahi, maka misionaris wanita wahabi tadi mencari gadis gadis N.U lain untuk dijerat, jadi kesimpulannya ‘SELAiN MERAMPOK MASJiD N.U maka wahabi juga menjerat gadis gadis N.U”
Demikian parah nasib yang dialami N.U saat ini, bahkan pengajian pengajian salafi gemar menganggap warga N.U sebagai ahlul bid’ah terlaknat terkutuk
Gerakan anti syi’ah di Indonesia yang dilakukan salafi wahabi ternyata BERSAYAP, selain syi’ah dihancurkan maka wahabi juga berniat membumi hanguskan doktrin doktrin NU
Salafi Wahabi hancurkan N.U demi uang, cewek dan Amerika.
a. Uang Saudi, uang Amerika dan Israel membuat wahabi ngiler
b. Salafi wahabi ikut memasok cewek cewek Indonesia ke Arab Saudi agar berpotensi untuk diperkosa, ingat kasus TKW
c. Salafi wahabi doyan ke PUNCAK BOGOR untuk melecehkan dan menikmati cewek cewek Indonesia
d. Salafi wahabi merupakan agen Amerika Serikat, ingat kasus Raja Fahd memasukkan tentara najis kafir ke jazirah Arab Saudi.
Ketua NU : Wahabi Harus Diwaspadai
Minggu, 05 Pebruari 2012, 22:39 WIB.
Said Agil Siradj.
Kita bisa mengenali seperti apa kondisi aliran wahabi tersebut yang saat ini telah berkembang besar di Indonesia, baik dari segi proses kelahirannya maupun sikap mereka terhadap para ulama. Kita tahu gerakan-gerakan mereka hanya berbekal dalil sekenanya saja, mereka mengklaim telah memahami ajaran Rasulullah dengan semurni-murninya, padahal dalilnya adalah palsu dan tidak rasional. Mereka sebenarnya tidak memahami isi al-Qur’an dan hadits, apalagi hingga menafsirkannya.
Munculnya beberapa aliran seperti, Salafi Wahabi dan Hizbut Tahrir di Indonesia bukanlah mendamaikan umat Islam justru perpecahan yang terjadi dikalangan umat Islam. Islam melarang melakukan perbuatan kekerasan dan perpecahan, Islam adalah agama yang ramah, santun, yang menjunjung perdamaian, persaudaraan antar sesama. Salafi Wahabi adalah kelompok yang mengusung misi modernisasi agama dan perintisnya adalah Muhammad bin Abdil Wahhab di Nejd. Beliau adalah pengikut madzhab Imam Ahmad, akan tetapi dalam berakidah beliau mengikuti Ibnu Taimiyah.
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj mengatakan gerakan Wahabi yang berkembang di Indonesia berasal dari Arab Saudi dengan tujuan ingin mengajarkan pemurnian Islam versi mereka, sementara ajaran lain dianggap tidak sesuai.
“Konsep tersebut tidak cocok diterapkan di Indonesia dan harus diwaspadai. Karena dalam perkembangannya wahabi itu sedikit lebih keras,” kata dia dalam Bedah buku oleh Gerakan Pemuda Anshor di Riau, Ahad (5/2).
Ia mengatakan, Wahabi memang bukan gerakan terlarang, namun pihaknya menghimbau agar ketidaksamaan pandangan tidak membuat umat bingung.
“Mereka sering menganggap umat lain menjalankan tradisi ‘bidah’ yang tak diajarkan agama seperti ziarah kubur, baca tahlil, sehingga ajaran itu harus ditinggalkan,” kata dia.
Ia mengatakan, segala kegiatan yang dilakukan umat Islam terutama kaum Nahdiyin (NU) semua berdasarkan ajaran dan tuntunan dan tidak ada yang mengada-ngada.
“NU bersikap tegas, kami justru menghargai agama lain yang jelas-jelas tidak mebawa nama Islam,” kata dia. Hal tersebut, kata Said, karena dalam Al-Quran juga diajarkan untuk saling menghargai antarumat beragama.
Dengan semakin kuatnya gerakan anti Syiah yang dilakukan oleh sejumlah ulama yang mengusung salafi wahabi, maka saya tergerak lagi untuk menuliskan pandangan saya tentang Syiah Indonesia. Melalui kata Syiah Indonesia, maka saya ingin menegaskan bahwa Syiah di Indonesia sudah menjadi bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia dan keyakinan keberagamaannya juga sudah menjadi bagian dari keyakinan keberagamaan masyarakat Indonesia.
Sebagaimana diketahui bahwa pasca kerusuhan di Sampang, maka ada usaha yang dilakukan oleh sekelompok ulama yang mengatasnamakan Islam sunni untuk menghakimi bahwa Syiah adalah ajaran yang menyimpang dan sesat sehingga haruslah dilakukan tindakan mengusir dan melarang ajaran Syiah tersebut dari wilayah yang dikuasai oleh orang yang menyatakan sebagai kaum Sunni.
Saya menjadi sedih melihat bahwa Indonesia yang besar ini selalu dikoyak oleh orang yang mengatasnamakan agama yang paling benar untuk melakukan kekerasan agama. Saya menjadi teringat dengan komentar Dr. Makhlani, Representative IDB Indonesia, mengomentari komentar saya di koran The Jakarta Post, bahwa Islam Indonesia yang besar ini selalu dikerdilkan orang yang merusak kesatuan dan persatuan bangsa. Bayangkan bahwa kerusuhan di Sampang itu menjadi berita besar di dunia dan hal itu sangat merugikan positioning Indonesia dalam percaturan internasional.
Ketika saya ke Australia, maka ada cerita tentang bagaimana orang menjadi takut untuk datang ke Indonesia. Ada sebuah lembaga pendidikan yang menginginkan agar siswanya datang ke Indonesia dalam rangka mempelajari budaya Indonesia. Akan tetapi sejumlah orang tua keberatan, sebab selalu diberitakan bahwa Indonesia bukanlah negara dan tempat yang aman. Jadi, peristiwa pembakaran terhadap rumah dan tempat ibadah itu tentu menyumbang tentang ketakutan orang luar negeri tentang Indonesia. Mereka yang melakukan gerakan kekerasan tersebut tentu membawakan kenyataan semakin jeleknya citra Indonesia di dunia internasional.
Makanya, ketika saya membuka internet dan mata saya terperangkap dengan berita tentang MUI tidak menyesatkan Syiah. Saya merasa sangat gembira dengan berita ini. Yang bersuara seperti ini adalah Umar Syihab salah seorang ketua MUI. Beliau menyatakan bahwa selama ini belum ada fatwa MUI yang menyatakan bahwa Syiah adalah aliran sesat. Memang ada hasil rekomendasi yang menyatakan bahwa Syiah harus diwaspadai sebab kala itu, tahun 1984, Syiah memang mengusung ideologi politik pasca hancurnya kekuasaan tiranik di Iran.
Para tokoh Islam, seperti Dien Syamsudin, pimpinan Muhammadiyah, Said Aqil Siraj, pimpinan NU, Prof. Quraisy Syihab dan sejumlah ulama lain juga memandang bahwa janganlah melakukan tindakan main tuduh dengan menyatakan bahwa sekelompok penganut faham agama lain sebagai sesat, kafir dan sebagainya. Ada ketegasan pandangan mereka ini bahwa Syiah bukanlah aliran sesat. Syiah di Indonesia memang berasal dari Syiah Dua Belas Imam atau Syiah Istna Asy’ariyah, sehingga bukanlah Syiah yang menyimpang. Bahkan berdasarkan kenyataan empiris, banyak kesamaan ibadahnya dengan kelompok NU. Tentu juga ada yang berbeda. Jangankan antara Sunni dengan Syii, sedangkan antara NU dan Muhammadiyah yang sesama ahlu sunnah wal jamaah juga ada tatacara ibadah yang berbeda. Jadi, perbedaan adalah suatu keniscayaan.
Ada sebuah hipotesis yang barangkali bisa dijadikan sebagai tema pengkajian adalah semakin tingginya gerakan fundamentalisme agama, maka semakin banyak kekerasan agama yang bermotif atau bernuansa keagamaan. Pertanyaannya adalah apakah ada korelasi antara fundamentalisme agama dengan gerakan untuk melakukan justifikasi bahwa selain keyakinannya, maka semuanya adalah ajaran yang salah dan semuanya harus dikembalikan kepada keyakinan fundamentalismenya dan untuk kepentingan tersebut bisa saja menggunakan kekerasan.
Saya sungguh merasakan bahwa tindakan kekerasan yang dilakukan oleh orang “NU” di Sampang ini memang bisa saja didesain oleh orang di luar NU yang secara sengaja memanfaatkan sentimen keagamaan sebagai basis untuk mencapai tujuannya, yaitu mengobrak-abrik Islam moderat yang selama ini dilabelkan kepada NU.
Sejauh ini kita telah gagal menghapus perbedaan pendapat di antara kelompok sunah dan Syiah, walaupun telah berlalu puluhan abad. Maka wajiblah kita mengakui bahwa perbedaan tersebut adalah sesuatu yang memang ada, namun jangan sekali-kali mengembangkannya sehingga menjadi pertentangan berdarah. Cukuplah luka-luka yang kita derita. Cukuplah perpecahan yang mengoyak-ngoyak kita. Sudah amat banyak bencana yang menghancurkan kita, umat Islam. Sementara itu, Zionisme internasional selalu bersiap-siap untuk menghancurkan kita dan mencerabut eksistensi kita dari akar-akarnya. Apa gunanya mengulang-ulang pidato-pidato yang mencaci maki, menyakiti hati, memprovokasi, memusuhi dan menyebut-nyebut kejelekan dan aib masing-masing kelompok? Manfaat apa yang diharapkan dari permusuhan yang menumpahkan darah si suni maupun si syii?
Menjadi kewajiban orang-orang berakal, dari kalangan sunah dan Syiah, untuk berupaya sungguh-sungguh mengubur segala macam fitnah (penyebab pertikaian) di antara mereka, menghindari segala bentuk provokasi atau kebiasaan melempar ancaman ataupun tuduhan pengkhianatan ke alamat kelompok yang lain.
Wahai orang-orang berakal di kalangan sunah dan Syiah!
Cabutlah semua sumbu pertikaian. Padamkanlah semua api pertikaian. Janganlah menambah lagi bencana umat ini di atas segala bencana yang sudah mereka alami.
Wahai orang-orang berakal di kalangan sunah dan Syiah!
Biarlah masing-masing memilih jalannya sendiri, biarlah masing-masing menentukan arah pandangannya sendiri, sampai kelak saat Allah memutuskan apa yang kita perselisihkan di antara kita.
Fatwa-Fatwa Resmi Al-Azhar tentang Mazhab Jakfary (Syiah Imamiah)
Sejak lama Al-Azhar yang berada di kota Kairo-Mesir telah menjadi pusat dan kiblat buat pendidikan masyarakat Ahlusunnah. Al-Azhar telah banyak mencetak para ulama dan tokoh Ahlussunah yang kemudian tersebar di segala penjuru dunia, termasuk Indonesia. Para alumni al-Azhar dapat bersaing dengan alumni-alumni Timur Tengah lainnya seperti Saudi Arabia, Sudan, Tunis, Maroko, Yordania, Qatar dan negara-negara lainnya. Inilah salah satu penyebab al-Azhar menjadi semakin mencuat citranya di berbagai negara muslim dunia, sehingga seorang pemimpin al-Azhar menjadi rujukan dan panutan bagi pemimpin perguruan tingi lain di Timur Tengah.
Di sini, kita akan menunjukkan beberapa fatwa dari para petinggi al-Azhar perihal bermazhab dengan mazhab Jakfari, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Syiah Imamiah Itsna ‘Asyariyah. Kita akan mulai dengan fatwa dari guru besar yang memulai fatwa pembolehan tersebut, Syeikh Allamah Mahmud Syaltut RA:
Kemudian kita lanjutkan fatwa Syeikh Allamah Salim al-Bashri:
Lantas kita beranjak ke fatwa selanjutnya yang dikeluarkan oleh Syeikh Allamah Muhammad Fahham:
Dan kemudian fatwa dari Syeikh Allamah Abdul Halim Mahmud:
Kesemua dari para petinggi al-Azhar tadi memberi respon positif terhadap mazhab Jakfari (Syiah Imamiah Istna ‘Asyariah) dan mengakuinya sebagai salah satu mazhab dalam Islam dimana seorang muslim bebas untuk menentukan bermazhab dengan mazhab tersebut, kelegalannya sebagaimana mazhab Ahlussunnah yang ada. Tentu, bagi sebagian kelompok kecil yang merasa benar sendiri (ego) dan fanatisme golongannya telah melingkupi dirinya, plus akibat dari kekotoran jiwa yang tidak menerima fatwa-fatwa petinggi dan pemuka al-Azhar tersebut. Mereka hanya akan menerima fatwa dari ulama-ulama golongan mereka saja.
Tiga Poin Penting Risalah Amman.
Risalah Amman Yang Ditanda Tangani Kurang Lebih 500 Ulama Baik Syiah maupun Sunnah.
Risalah ‘Amman (رسالة عمّان) dimulai sebagai deklarasi yang di rilis pada 27 Ramadhan 1425 H bertepatan dengan 9 November 2004 M oleh HM Raja Abdullah II bin Al-Hussein di Amman, Yordania. Risalah Amman (رسالة عمّان) bermula dari upaya pencarian tentang manakah yang “Islam” dan mana yang bukan (Islam), aksi mana yang merepresentasikan Islam dan mana yang tidak (merepresentasikan Islam). Tujuannya adalah untuk memberikan kejelasan kepada dunia modern tentang “Islam yang benar (الطبيعة الحقيقية للإسلام)” dan “kebenaran Islam” (وطبيعة الإسلام الحقيقي).
Untuk lebih menguatkan asas otoritas keagamaan pada pernyataan ini, Raja Abdullah II mengirim tiga pertanyaan berikut kepada 24 ulama senior dari berbagai belahan dunia yang merepresentasikan seluruh Aliran dan Mazhab dalam Islam :
1. Siapakah seorang Muslim ?
2. Apakah boleh melakukan Takfir (memvonis Kafir) ?
3. Siapakah yang memiliki haq untuk mengeluarkan fatwa ?
Dengan berlandaskan fatwa-fatwa ulama besar (العلماء الكبار) –termasuk diantaranya Syaikhul Azhar (شيخ الأزهر), Ayatullah As-Sistaniy (آية الله السيستاني), Syekh Qardhawiy (شيخ القرضاوي)– , maka pada Juli tahun 2005 M, Raja Abdullah II mengadakan sebuah Konferensi Islam Internasional yang mengundang 200 Ulama terkemuka dunia dari 50 negara. Di Amman, ulama-ulama tersebut mengeluarkan sebuah panduan tentang tiga isu fundamental (yang kemudian dikenal dengan sebutan “Tiga Poin Risalah ‘Amman/محاور رسالة عمّان الثلاثة”), Berikut adalah kutipan Piagam Amman dari Konferensi Islam Internasional yang diadakan di Amman, Yordania, dengan tema “Islam Hakiki dan Perannya dalam Masyarakat Modern” (27-29 Jumadil Ula 1426 H. / 4-6 Juli 2005 M.) dan dihadiri oleh ratusan Ulama’ dari seluruh dunia sebagai berikut:
[1]Siapapun yang mengikuti Madzhab yang 4 dari Ahlussunnah wal Jamaah (Madzhab Hanafiy, Malikiy, Syafi’iy, Hanbali), Madzhab Jakfariy, Madzhab Zaidiyah, Madzhab Ibadiy, Madzhab Dhahiriy, maka dia Muslim dan tidak boleh mentakfir-nya (memvonisnya kafir) dan haram darahnya, kehormatannya dan hartanya. dan juga dalam fatwa Fadlilatusy Syekh Al-Azhar tidak boleh mentakfir ulama-ulama beraqidah Al-Asy’ariyah dan aliran Tashawuf yang hakiki (benar). Demikian juga tidak boleh memvonis kafir ulama-ulama yang berpaham Salafiy yang shahih
Sebagaimana juga tidak boleh memvonis kafir kelompok kaum Muslimin yang lainnya yang beriman kepada Allah dan kepara Rasulullah, rukun-rukun Iman, menghormati rukun Islam dan tidak mengingkari informasi yang berasal dari agama Islam.
[2]. Sungguh diantara madzhab yang banyak tersebut memang terdapat perbedaan (ikhtilaf), maka ulama-ulama dari delapan madzhab tersebut bersepakat dalam mabda’ yang pokok bagi Islam. Semuanya beriman kepada Allah subhanahu wa ta’alaa yang Maha Esa, Al-Qur’an al-Karim adalah Kalamullah, Sayyidina Muhammad ‘alayhis shalatu wassalam adalah Nabi sekaligus Rasul bagi umat manusia seluruhnya, dan mereka bersepakat atas rukun Islam yang 5 : Syadatayn, Shalat, Zakat, puasa Ramadhan, Haji kepa Baitullah, dan juga bersepakat atas Rukun Imam yang 6 ; beriman kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-Nya, Hari kiamat, dan kepada Qadar yang baik dan buruk, dan ulama-ulama dari perngikut Madzhab tersebut berbeda pendapat dalam masalah Furu’ (cabang) dan bukan masalah Ushul (pokok), dan itu adalah Rahmat, dan terdahulu telah dikatakan ;
إنّ اختلاف العلماء في الرأي أمرٌ جيّد
“Sesungguhnya ikhtilaf (perbedaan pendapat) para Ulama dalam masalah pemikiran hal yang baik”.
[3]. Pengakuan terhadap madzhab-madzhab dalam Islam berarti berkomitmen dengan metodologi (manhaj) dalam hal fatwa ; maka siapapun tidak boleh mengeluarkan fatwa selain yang memenuhi kriteria tertentu dalam setiap madzhab, dan tidak boleh berfatwa selain yang berkaitan dengan manhaj (metodologi) madzhab, tidak boleh seorang pun mampu mengklaim ijtihad dan mengembangkan/membuat madzhab/pendapat baru atau mengelurkan fatwa yang tidak bisa diterima yang dapat mengeluarkan kaum Muslim dari kaidah syar’iyyah, prinsip, ketetapan dari madzhabnya.
Tiga Poin Risalah ‘Amman ini lalu diadopsi oleh kepemimpinan politik dunia Islam pada pertemuan Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Mekkah pada Desember 2005. Dan setelah melewati satu tahun periode dari Juli 2005 hingga Juli 2006, piagam ini juga diadopsi oleh enam Dewan Ulama Islam Internasional. Secara keseluruhan, lebih dari 500 ulama Islam terkemuka telah mendukung Risalah ‘Amman dan tiga poin pentingnya.
Di antara penandatangan dan pengesah Risalah Amman ini adalah:
1. Afghanistan: Hamid Karzai (Presiden).
2. Amerika Serikat: Prof. Hossein Nasr, Syekh Hamza Yusuf (Institut Zaytuna), Ingrid Mattson (ISNA)
3. Arab Saudi: Raja Abdullah As-Saud, Dr. Abdul Aziz bin Utsman At-Touaijiri, Syekh Abdullah Sulaiman bin Mani’ (Dewan Ulama Senior).
4. Bahrain: Raja Hamad bin Isa Al-Khalifah, Dr. Farid bin Ya’qub Al-Miftah (Wakil Menteri Urusan Islam)
5. Bosnia Herzegovina: Prof. Dr. Syekh Mustafa Ceric (Ketua Ulama dan Mufti Agung), Prof. Enes Karic (Profesor Fakultas Studi Islam)
6. Mesir: Muhammad Sayid Thantawi (Mantan Syekh Al-Azhar), Prof. Dr. Ali Jum’ah (Mufti Agung), Ahmad Al-Tayyib (Syekh Al-Azhar)
7. India: Maulana Mahmood (Sekjen Jamiat Ulema-i-Hindi)
8. Indonesia: Maftuh Basyuni (Mantan Menag), Din Syamsuddin (Muhammadiyah), Hasyim Muzadi (NU).
9. Inggris: Dr. Hassan Shamsi Basha (Ahli Akademi Fikih Islam Internasional), Yusuf Islam, Sami Yusuf (Musisi).
10. Iran: Ayatullah Ali Khamenei (Wali Amr Muslimin), Ahmadinejad (Presiden), Ayatullah Ali Taskhiri (Sekjen Pendekatan Mazhab Dunia), Ayatullah Fadhil Lankarani.
11. Irak: Jalal Talabani (Presiden), Ayatullah Ali As-Sistani, Dr. Ahmad As-Samarai (Kepala Dewan Wakaf Sunni)
12. Kuwait: Syekh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber As-Sabah.
13. Lebanon: Ayatullah Husain Fadhlullah, Syekh Muhammad Rasyid Qabbani (Mufti Agung Sunni).
14. Oman: Syekh Ahmad bin Hamad Al-Khalili (Mufti Agung Kesultanan Oman)
15. Pakistan: Pervez Musharraf (Presiden), Syekh Muhammad Tahir-ul-Qadri (Dirjen Pusat Penelitian Islam), Muhammad Taqi Usmani.
16. Palestina: Syekh Dr. Ikramah Sabri (Mufti Agung dan Imam Al-Aqsha).
17. Qatar: Dr. Yusuf Al-Qaradhawi, Dr. Ali Ahmad As-Salus (Profesor Syariah Universitas Qatar).
18. Sudan: Omar Hassan Al-Bashir (Presiden).
19. Suriah: Syekh Ahmad Badr Hasoun (Mufti Agung), Syekh Wahbah Az-Zuhaili (Kepala Departemen Fikih), Salahuddin Ahmad Kuftaro.
20. Yaman: Habib Umar bin Hafiz (Darul Mustafa), Habib Ali Al-Jufri.
21. Yordania: Raja Abdullah II, Pangeran Ghazi bin Muhammad (Dewan Pengawas Institut Aal Al-Bayt), Syekh Izzuddin Al-Khatib At-Tamimi (Hakim Agung), Syekh Salim Falahat (Ikhwanul Muslimin Yordania).
(ABNA/Syiahali/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Post a Comment
mohon gunakan email