Pesan Rahbar

Home » » 24 Jam Mendatang Iran Siap Kirim Tiga Kapal Bantuan Kemanusiaan ke Yaman

24 Jam Mendatang Iran Siap Kirim Tiga Kapal Bantuan Kemanusiaan ke Yaman

Written By Unknown on Thursday 14 May 2015 | 06:23:00


Arab Saudi sebelumnya memblokir pengiriman bantuan Iran ke Yaman. Bulan lalu, Riyadh mencegah dua pesawat sipil Iran yang memberikan bantuan medis dan pangan untuk rakyat Yaman.

Republik Islam Iran siap mengirim tiga pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan ke Yaman dalam 24 jam ke depan.

Hossein Amir-Abdollahian, wakil menteri luar negeri Iran untuk urusan Arab dan Afrika, pada Rabu, 13/05/15, menyebut bahwa pengiriman makanan dan obat-obatan ke Yaman tersebut melalui Program Pangan Dunia PBB.

Amir-Abdollahian membuat pernyataan itu dalam percakapan telepon dengan Ertharin Cousin, direktur eksekutif badan PBB, Selasa kemarin (12/05/15).

Dijelaskannya badan tersebut siap untuk bekerja sama dengan Iran dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada Yaman.

Arab Saudi sebelumnya memblokir pengiriman bantuan Iran ke Yaman. Bulan lalu, Riyadh mencegah dua pesawat sipil Iran yang memberikan bantuan medis dan pangan untuk rakyat Yaman.

Sementara itu, sebuah kapal kargo Iran membawa bantuan kemanusaiaan sedang berlayar menuju Yaman yang dibumi hanguskan oleh Bani Saud dan negara-negra Arab. Kapal terrsebut membawa berton-ton bantuan yang dibutuhkan, termasuk makanan dan obat-obatan.

Saat ini kapal tersebut berada di Laut Oman, menuju kota pelabuhan Yaman, Hudaidah.

Komandan senior angkatan laut Iran pada Selasa mengatakan, Angkatan Laut negara itu melindungi kapal kargo yang menuju ke Yaman.

"Armada angkatan laut ke-34 Republik Islam Iran, yang saat ini hadir di Teluk Aden dan Bab al-Mandab, siap bertugas melindungi kapal yang membawa bantuan kemanusiaan Iran [ke Yaman]," kata Laksamana Hossein Azad.

Armada angkatan laut Iran ke-34 tersebut terdiri dari kapal logistik Bushehr dan kapal perusak Alborz dan membawa sebuah misi untuk menampilkan kekuatan angkatan laut Iran, memberikan keamanan di sepanjang jalur pelayaran internasional dan melindungi kepentingan Iran.

(Islam-Times/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: