Pesan Rahbar

Home » » Masjid Tuha Indrapuri, Bangunan Berusia 4 Abad Bekas Pura Hindu

Masjid Tuha Indrapuri, Bangunan Berusia 4 Abad Bekas Pura Hindu

Written By Unknown on Tuesday 30 June 2015 | 03:00:00


Masjid Tuha Indrapuri merupakan sebuah masjid kuno yang terletak di desa Indrapuri, Aceh Besar. Sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Masjid ini memang tampak berbeda dari majid pada umumnya yang memiliki kubah

Selain karena usianya yang telah empat abad, Masjid Indrapuri juga berdiri di atas bangunan bekas kuli masa kerajaan Hindu Lamuri yang berperang melawan pasukan bajak laut dari Tiongkok. Dalam sejarahnya, saat berperang kerajaan Hindu Namuri dibantu oleh Meurah Johan yaitu Pangeran dari Lingga yang kemudian menjadikan kerajaan Lamuri sebagai penganut agama Islam.

Bangunan utama masjid memiliki atap piramida bersusun tiga yang ditopang dengan 36 kayu penyangga. Gaya atap susun tiga ini diyakini sebagai perpaduan budaya Aceh dan Hindu masa lalu. Kini, masjid Tuha menjadi salah satu cagar budaya yang dilindungi.

Sejak dibangun pada1607-1636 masa kesultanan Iskandar, arsitektur bangunan masjid Tuha tak banyak berubah. Masjid ini menjadi saksi berbagai peristiwa penting sejarah Aceh masa lalu, masjid Tuha juga dikatahui sebagai tempat penobatan Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah (1884-1903) sebagai raja Aceh.

(Shabestan/Metro-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: