Pesan Rahbar

Home » » Presiden Prancis: Obama Janji Hentikan Aksi Spionase

Presiden Prancis: Obama Janji Hentikan Aksi Spionase

Written By Unknown on Monday 29 June 2015 | 06:33:00


Presiden AS Barrack Obama berjanji kepada Presiden Prancis Francois Hollande untuk menghentikan aksi spionase. Presiden Hollande menyatakan aksi memata-matai 3 Presiden Prancis itu sebagai tindakan yang tidak dapat diterima.

Seperti dilansir oleh Reuters, Rabu (24/6/2015), Presiden Hollande langsung menggelar rapat begitu mendapatkan informasi terkait aksi spionase oleh National Securit Agency (NSA), Badan Keamanan Nasional AS. Informasi itu berasal dari WikiLeaks.

"Presiden Obama menegaskan kembali komitmennya ... untuk mengakhiri praktek-praktek yang mungkin terjadi di masa lalu dan yang dianggap tidak dapat diterima dikalangan sekutu," kata kantor Presiden Perancis.

Hollande sebelumnya telah mengadakan pertemuan darurat dengan para menteri dan komandan tentara. Duta besar AS untuk Prancis juga dipanggil ke Kementerian Luar Negeri Prancis.

"Prancis tidak akan mentolerir tindakan yang mengancam keamanan," tulis pernyataan Kantor Presiden Prancis.

Seorang pejabat senior intelijen Perancis akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk membahas masalah ini dan memperkuat kerjasama antara kedua negara. "Kita harus memastikan bahwa aksi mata-mata ini telah selesai," kata juru bicara pemerintahan Hollande, Stephane Le Foll, yang menambahkan bahwa menteri telah diperintahkan untuk berhati-hati saat berbicara di ponsel mereka.

(Reuters/Detik/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: