Pesan Rahbar

Home » » Presiden Yaman Sebut Iran Lebih Berbahaya dari Al-Qaidah

Presiden Yaman Sebut Iran Lebih Berbahaya dari Al-Qaidah

Written By Unknown on Wednesday 10 June 2015 | 06:40:00


Presiden Yaman Abdrabbu Mansour Hadi kembali melakukan serangan terhadap Iran. Dalam pernyataan terbarunya, Hadi kembali menyebut Iran sebagai salah satu pihak yang turut andil dalam merusak stabilitas di negaranya. 
 
Hadi, bahkan menyebut Iran lebih berbahaya dari al-Qaidah. "Apa yang Iran lakukan di negara saya, lebih berbahaya dari apa yang pernah dilakukan oleh al-Qaidah," kata Hadi kala melakukan wawancara dengan al-Arabiya pada Senin (8/6/2015).

Pemimpin Yaman dalam pelarian itu juga mengaku telah memiliki bukti keterlibatan Iran dalam konflik yang melanda negaranya. Hadi menyebut, pihaknya telah menangkap banyak sekali pasukan Hautsi yang mengaku telah dilatih oleh Garda Revolusi Iran.

"Saya tidak membawa hal ini dari vakum. Kami telah menangkap orang-orang yang telah dilatih oleh Garda Revolusi Iran. Mereka dipenjarakan di beberapa penjara kami," sambung Hadi.

Selain itu, Hadi juga menyatakan telah beberapa kali meminta kepada Iran untuk tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri mereka. "Saya telah berulang kali meminta kepada Iran untuk "melepaskan tangan" mereka dari Yaman," ucapnya.

Dalam wawancara itu juga, Hadi sedikit menyinggung mengenai dialog damai yang akan digelar pada tanggal 14 Juni nanti di Jenewa, Swiss. Hadi memastikan dialog untuk bukanlah sebuah negosiasi dengan Hautsi, tapi pembahasan mengenai realisasi resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB soal Yaman.

Resolusi dengan nomor 2216 berisi tentang desakan kepada Hautsi mengakhiri penggunaan kekerasan, menarik pasukan mereka dari semua bidang yang telah mereka sita, termasuk ibukota Shana’a, menyerahkan semua senjata, termasuk sistem rudal, serta menghentikan semua tindakan eksklusif yang merupakan kewenangan dari pemerintah Yaman.

(Sindo-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: