Pesan Rahbar

Home » » Ziarah ke Makam Para Syuhada di Jabal Uhud

Ziarah ke Makam Para Syuhada di Jabal Uhud

Written By Unknown on Saturday 11 July 2015 | 05:14:00


Jabal Uhud adalah bukit terpanjang di Madinah yang membentang 6 KM. Tempat ini sering dijadikan destinasi wisata religi di Arab Saudi oleh jamaah umrah atau haji, karena makam para syuhada di zaman Nabi Muhammad SAW.
 
Nama Jabal Uhud berarti bukit yang menyendiri. Mengapa demikian? Karena berbeda dengan umumnya bukit dan gunung di Madinah yang saling menyambung, Jabal Uhud tidak bersambungan. Nah, di tahun 625 pernah terjadi perang di sini yang dikenal sebagai Perang Uhud, di mana 70 orang syuhada gugur dan dimakamkan di tempat itu juga.

Nabi Muhammad SAW dulu kerap berziarah ke Jabal Uhud, bahkan hampir setiap tahun. Sehingga umat Muslim pun kemudian sering kali mampir ke Jabal Uhud untuk berziarah.

Kini, makam para syuhada antara lain Hamzah bin Abdul Muthalib yang merupakan paman Nabi Muhammad, masih ada di sana. Kompleks pemakamannya begitu sederhana, dikelilingi pagar berjeruji setinggi sekitar 3 meter.

Para peziarah bisa dengan leluasa melihat ke area dalam pemakaman. detikTravel pun berziarah ke sana di awal Juni silam.

Di area pemakaman terlihat batu-batu hitam membentuk kotak cukup besar yang merupakan tanda makam Hamzah bin Abdul Muthalib dan Abdullah bin Jahsyi yang merupakan sepupu Nabi Muhammad. Sementara itu makam para syuhada lainnya tidak terlihat ada tandanya.

Ketika detikTravel berkesempatan mengunjungi Jabal Uhud bersama rombongan umrah First Travel, tiba-tiba ada seorang pria tua yang mendatangi kami. Tiba-tiba saja, dia memimpin doa untuk para syuhada.

(Detik/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: