Pesan Rahbar

Home » » Payung Raksasa nan Istimewa di Masjid Nabawi

Payung Raksasa nan Istimewa di Masjid Nabawi

Written By Unknown on Thursday 6 August 2015 | 07:26:00


Sebagai masjid terbesar kedua di dunia, Nabawi di Madinah jadi destinasi umat Muslim dari berbagai belahan dunia.

Di pelatarannya terdapat payung-payung raksasa, yang punya keunikan dan keistimewaan.

Nabawi adalah salah satu masjid yang didirikan Nabi Muhammad SAW. Terletak di Kota Madinah, Arab Saudi, masjid ini sekaligus menjadi yang terbesar kedua di dunia.

Pada 2010, puluhan payung raksasa ditempatkan di halaman Masjid Nabawi. Nama proyeknya adalah Medina Haram, yang melibatkan berbagai pihak termasuk Menteri Perekonomian Arab Saudi, arsitek SL-Rasch, pabrik payung di Jerman yakni Liebherr dan perusahaan Jepang, Taiyo Kogyo.

Tiap payung didesain sangat modern namun menyatu apik dengan arsitektur Masjid Nabawi. Materialnya didesain khusus untuk menangkal sinar matahari. Ini untuk menghindari para jamaah dari teriknya matahari Arab Saudi, yang tak jarang mencapai 45 derajat Celcius.

Bagian pinggir payung dikelilingi pita berwarna biru. Ini bukan pita biasa, namun terbuat dari material khusus yang membuat suhu di bawahnya menurun 8 derajat CelciusPuluhan payung raksasa ini sangat membantu para jamaah yang kehabisan tempat di dalam Masjid Nabawi.

Namun saat subuh dan maghrib, banyak jamaah yang lebih memilih salat di pelataran sambil menikmati proses menutupnya payung raksasa. Proses membuka dan menutupnya puluhan payung ini memakan waktu sekitar 3 menit. Saat detikTravel menyambangi Nabawi beberapa waktu lalu, para jamaah tampak terpesona terutama saat payung menutup berlatar langit senja.

(Metro-News/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: