Pesan Rahbar

Home » » Penandatanganan Pengiriman Rudal S – 300 Rusia ke Iran Minggu Depan

Penandatanganan Pengiriman Rudal S – 300 Rusia ke Iran Minggu Depan

Written By Unknown on Sunday 23 August 2015 | 03:34:00

Sistem Pertahanan Rudal darat ke udara S – 300.

Rusia berharap dapat menandatangani kesepakatan pengiriman rudal sistem pertahanan S-300 permukaan-ke-udara dengan Iran minggu depan, kata seorang pejabat tinggi pemerintah.

“Saya sangat berharap bahwa akan ada [kesepakatan], meskipun mitra mereka [Rusia] Departemen Pertahanan, Layanan Kerjasama Federal untuk-Teknis Militer, Rosoboronexport. Ini bukan suatu hal penawaran Kementerian Luar Negeri dengan,” Zamir Kabulov, utusan presiden Rusia untuk Afghanistan mengatakan kepada kantor berita negara RIA Novosti, Jumat (21/8/15).

Kabulov juga mengatakan bahwa delegasi Iran akan berkunjung ke Rusia pekan depan untuk membahas kerjasama biliteral teknisi-militer, termasuk pengiriman sistem pertahanan rudal.

“Sebuah delegasi Iran yang besar akan tiba di Moskow. Pertama, mereka akan berpartisipasi dalam pameran penerbangan MAKS, dan, tentu saja, bagian dari delegasi … akan mengadakan pembicaraan terkait kerjasama teknisi-militer,” Kabulov mencatat, menambahkan bahwa ” pembicaraan tentu saja akan mencakup rudal S-300. ”

Moskow melarang pengiriman sistem pertahanan rudal ke Teheran pada tahun 2010 dengan dalih bahwa perjanjian yang ditandatangani dengan Iran pada tahun 2007 itu termasuk ke dalam empat sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap negara itu atas program nuklirnya. Resolusi melarangan penjualan senjata canggih untuk Republik Islam.

Pada tanggal 13 April, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani keputusan presiden yang membuka jalan bagi pengiriman sistem pertahanan yang tertunda ke Iran.

Keputusan untuk memberikan sistem pertahanan ini terjadi setelah Iran dan kelompok negara P5 + 1 – Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Cina dan Rusia ditambah Jerman – mencapai kesepakatan program nuklir di kota Lausanne Swiss pada tanggal 2 April.

Bulan lalu, ajudan Putin Vladimir Kozhin, dibidang kerjasama militer dan teknis, mengatakan sistem S-300 harus dimodernisasi sebelum dikirimkan ke Iran.

Pameran Internasional Penerbangan dan Antariksa (MAKS) diadakan setiap dua tahun di Bandara Ramenskoye yang terletak 40 kilometer tenggara Moskow.

Perusahaan penerbangan terbesar Rusia dan banyak negara lain menampilkan produk terbaik mereka termasuk helikopter, pesawat penumpang dan super jet di pameran penerbangan tersebut. []

(Mahdi-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: