Pesan Rahbar

Home » » Protes Warga Kurdi yang Bermukim di Eropa Terhadap Serangan Udara Turki

Protes Warga Kurdi yang Bermukim di Eropa Terhadap Serangan Udara Turki

Written By Unknown on Wednesday 12 August 2015 | 11:37:00


Ribuan warga Kurdi yang bermukim di Eropa menggelar aksi unjuk rasa mengecam serangan udara Turki terhadap Partai Buruh Kurdistan yang dikenal dengan PKK.
 
Sebagaimana yang dilansir oleh France News, sekitar lima ribu warga berkebangsaan Kurdi yang tinggal di Eropa menggelar aksi unjuk rasa pada hari Sabtu kemarin. Mereka meneriakkan yel-yel perdamaian seperti “Kami Tidak Ingin Perang”.

Dalam aksi unjuk rasa itu mereka mengecam pemerintah Turki yang telah melakukan serangan udara terhadap Partai Buruh Kurdistan di Iraq. Unjuk rasa besar-besaran itu mereka lakukan di jalanan pusat kota Cologne, Jerman.

Sehari sebelumnya ribuan warga Kurdi di Perancis juga berunjuk rasa di jalanan kota Paris. Dalam unjuk rasa itu mereka menuntut perdamaian di Timur Tengah dan dihentikannya serangan udara Turki terhadap orang-orang Kurdi.

Begitu juga diberitakan aksi demonstrasi yang sama digelar di kota Brussel.

Sejak seminggu yang lalu pemerintah Turki melancarkan serangan udara terhadap orang-orang Partai Buruh Kurdi di Iraq dan mengakibatkan tewasnya 32 orang.

Pemerintah Turki meluncurkan proses perdamaian dengan PKK tahun 2012 untuk mengakhiri kampanye bersenjata otonomi Kurdi.

PKK kemudian mengumumkan gencatan senjata dengan Ankara, dan akan mulai menarik keluar dari Turki tenggara ke kamp-kamp di Irak utara, di mana mereka berada saat ini. PKK telah berjuang untuk wilayah otonomi Kurdi di Turki sejak tahun 1980an.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: