Pesan Rahbar

Home » » Sejarah Ringkas Masjid Kuno Benua Afrika

Sejarah Ringkas Masjid Kuno Benua Afrika

Written By Unknown on Thursday 27 August 2015 | 12:55:00


Benua Afrika memiliki banyak masjid. Sebagian dari masjid-masjid ini memiliki umur berabad-abad. Seni dan keindahan yang telah dipampang di masjid-masjid membuat setiap mata terbelalak.

Masjid Sayyidi ‘Aqabah dibangun pada tahun 50 Hijriah (670 Masehi). Dari sejak dibangun, masjid ini sudah tujuh kali direnovasi. Mayoritas bagian bangunan yang ada sekarang adalah peninggalan tahun 224 Hijriah (838 Masehi).

Menara Masjid Sayyidi ‘Aqabah yang berbentuk segi empat dan berukuran besar termasuk menara terkuno dunia yang merupakan peninggalan arsitektur Syam. Berkat masjid ini, Qiruwan masuk dalam daftar kota suci Islam nomor empat dan salah satu surga dunia.

Kairo memiliki tiga ratus masjid kuno. Masjid kuno yang paling masyhur adalah Masid ‘Amr bin ‘Ash yang dibangun pada tahun 218 Hijriah (642 Masehi). Masjid telah direnovasi pada abad ke-10. Dari bangunan asli masjid, hanyalah pilar-pilar bekas Romawi dan Bizantium yang tersisa.

Antara tahun 359 hingga 362 Hijriah (970 hingga 972 Hijriah), Masjid Raya Al-Azhar dibangun oleh Jawhar Shuqli. Ia adalah seorang budak Masehi yang memeluk agama Islam. Di bawah komandonya, laskar Dinasti Fatimiah berhasil menaklukkan Mesir. Hingga sekarang, sebagian bangunan asli masjid ini masih tersisa dan tegap berdiri.

Melalui masjid ini, Universitas Al-Azhar, perguruan tinggi Islam terkuno, terwujud.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: