Pesan Rahbar

Home » » Setya Novanto dan Fadli Zon Tim Lobi Hari Tanoe?

Setya Novanto dan Fadli Zon Tim Lobi Hari Tanoe?

Written By Unknown on Saturday 12 September 2015 | 07:23:00

Donald Trump (Foto: detik)

Kalau Donald Trump ditemui sebagai investor, pertemuan itu tidak pada tempatnya karena tidak resmi dan difasilitasi oleh pengusaha yang punya kepentingan. Ini jadi menimbulkan pertanyaan apakah ada konsesi kompensasi dari pertemuan itu.

Pengusaha sekaligus pendiri Partai Perindo Hari Tanoe menjadi fasilitator pertemuan Donald Trump dan pimpinan DPR Setya Novanto dan Fadli Zon. Dalam posisi ini, pimpinan DPR seolah menjadi bagian dari tim lobi Hari Tanoe pada Donald Trump.

"Peran pengusaha menarik investor dari luar itu dibutuhkan, tapi kurang elok saat pengusaha mengajak pimpinan negara (ketua dan wakil ketua DPR) untuk menemui investor itu. Seolah mereka menjadi tim lobi pengusaha untuk meyakinkan investor itu," kata peneliti Populi Center Nico Harjanto usai diskusi di Kafe Deli, Jl Sunda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2015).

Ia mengatakan kedatangan Setya dan Fadli untuk bertemu Donald Trump sangat tidak etis baik dari segi ekonomi maupun politik sehingga harus dijelaskan pada publik. Pihak yang paling diuntungkan dalam pertemuan ini disebutnya HT yang memfasilitasinya.

"Kalau Donald Trump ditemui sebagai investor, pertemuan itu tidak pada tempatnya karena tidak resmi dan difasilitasi oleh pengusaha yang punya kepentingan. Ini jadi menimbulkan pertanyaan apakah ada konsesi kompensasi dari pertemuan itu. Karena sebuah nilai tersendiri jika pengusaha bisa mendatangkan pejabat negara. Dealnya lebih mudah terjadi," terangnya.

Jika kedatangan keduanya dalam konteks Donald Trump sebagai kandidat presiden AS, hal ini juga adalah kekeliruan besar. "Karena tidak sepatutnya pimpinan dewan terliba pada politik dalam negeri negara lain," pungkasnya.

(Islam-Times/Detik/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: