Pesan Rahbar

Home » » Tragedi Mina: Erdogan Bela Saudi Arabia

Tragedi Mina: Erdogan Bela Saudi Arabia

Written By Unknown on Monday 28 September 2015 | 04:47:00

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

"Jika Turki dipercayakan menyelenggarakan Haji, kami akan memastikan bahwa tak seorang pun mengalami bahaya apapun," kata Mehmet Ali Sahin, menukil laporan Agence France Presse (AFP).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membela Arab Saudi dan menyalahkan para pengkritik yang menoroti kinerja pemerintah Saudi terkait tragedi Mina yang menewaskan ribuan jamaah haji.

"Saya tidak bersimpati dengan pernyataan-pernyataan bermusuhan terhadap Arab Saudi," kata Erdogan kepada wartawan pada Jumat, 25/09/15.

Menurut Erdogan, adalah hal yang keliru untuk menyalahkan Arab Saudi yang telah melakukan yang terbaik untuk memungkinkan event haji terlaksana.

"Anda harus melihat gelas itu separuh penuh, masing-masing negara menderita akan kegagalan", bela Erdogan.

Sebelumnya, seorang pemimpin dari partai berkuasa Turki mengatakan, pemerintah Turki akan bisa mengadakan Haji dengan lebih baik jika diberi kesempatan, kata Mehmet Ali Sahin, wakil presiden dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), kepada kantor berita Dogan.

"Jika Turki dipercayakan menyelenggarakan Haji, kami akan memastikan bahwa tak seorang pun mengalami bahaya apapun," kata Mehmet Ali Sahin, menukil laporan Agence France Presse (AFP).

Ribuan Jamaah haji meninggal dalam tragedi Mina yang terjadi pada Kamis, 24 September. Para pemimpin dunia termasuk Iran mengkritik keras terhadap pemerintah Saudi dan menuntut Saudi bertanggung jawab penuh atas lemahnya langkah-langkah keamanan yang menyebabkan tragedi Mina.

"Arab Saudi tidak mampu mengorganisir ibadah haji," kata Ayatollah Mohammad Emami Kashani, dalam khutbah shalat Jumat di Tehran, Jumat kemarin.

"Pelaksaan ibadah haji harus diserahkan kepada negara-negara Islam," katanya.

(Islam-Times/ONH/ASS/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: