Pesan Rahbar

Home » » Tragedi Mina: Parlemen Iran Kirim Delegasi Khusus ke Arab Saudi

Tragedi Mina: Parlemen Iran Kirim Delegasi Khusus ke Arab Saudi

Written By Unknown on Monday 28 September 2015 | 04:16:00

Parlemen Iran

Para pejabat Iran, Masyarakat Bulan Sabit Merah dan Organisasi Penerbangan Sipil negara itu akan menemani Jannati dalam kunjungannya ke Arab Saudi, tambahnya.

Parlemen Iran pada Jumat kemarin, 25/09/15, memutuskan untuk mengirimkan sebuah delegasi tingkat tinggi ke Arab Saudi sekaligus mendirikan komite di dalam negeri untuk urusan peziarah Iran setelah tragedi Mina.

Keputusan itu dibuat pada sidang kabinet biasa yang digelar pada Jumat untuk mempelajari aspek berbeda dari insiden mematikan yang menewaskan lebih dari 1300 jamaah, termasuk 131 warga negara Iran, terang Juru Bicara Pemerintah Mohammad Baqer Nobakht.

Selain mengkritik salah urus kerajaan Saudi dalam menangani jamaah haji, Iran juga memutuskan untuk mengirim sebuah delegasi yang dipimpin oleh Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Ali Jannati ke Arab Saudi untuk melihat situasi, tambah juru bicara itu mengumumkan.

Para pejabat Iran, Masyarakat Bulan Sabit Merah dan Organisasi Penerbangan Sipil negara itu akan menemani Jannati dalam kunjungannya ke Arab Saudi, tambahnya.

Dijelaskannya, komite lain akan dibentuk di dalam negeri di bawah komando menteri dalam negeri negara itu.

Nobakht lebih lanjut mengatakan, Kementerian Jalan juga akan bertugas memfasilitasi langkah-langkah yang diperlukan untuk membawa kembali para peziarah ke negara.

Sebelumnya dalam percakapan telepon dengan pejabat senior Iran, termasuk Jahangiri, setibanya di kota AS New York, Presiden Rouhani menyerukan pertemuan khusus kabinet pada hari Jumat dan pembentukan satuan tugas sesegera mungkin.

Rouhani mendesak kementerian Luar Negeri, Kesehatan dan Pendidikan Kedokteran, Kebudayaan dan Bimbingan Islam, serta Kepala Haji dan Organisasi Ziarah untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk segera mentransfer mayat-mayat para peziarah Iran yang tewas dalam insiden Mina dan mengobati mereka yang terluka.

Lebih jauh Rouhani mendesak satgas untuk mengirimkan tim bantuan dan penyelamatan kemanusiaan serta pesawat terbang ke Arab Saudi jika diperlukan dan memprioritaskannya dalam agenda menyelesaikan urusan peziarah Iran haji, mereka yang terluka pada khususnya dan mentransfer para peziarah almarhum ke negara itu.

Menurut laporan media, setidaknya 1.300 peziarah, termasuk 131 warga Iran, tewas pada Kamis dalam tragedi Mina, sebuah bencana terburuk bagi ritual haji tahunan dalam 25 tahun.

(Islam-Times/ONH/ASS/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: