Pesan Rahbar

Home » » Media Barat: Iran Semakin Berpengaruh di Iraq

Media Barat: Iran Semakin Berpengaruh di Iraq

Written By Unknown on Thursday 3 December 2015 | 14:09:00


Hubungan Iran dan Iraq pernah mengalami masa kelam lantaran Perang Iran-Iraq yang berlangsung selama 8 tahun. Setelah perang ini usai dan sistem negara Iraq berubah, bentuk kerja sama dan hubungan Iran dan Iraq pun berubah total. Sebagian negara Barat pun mengaku bahwa Iran memiliki pengaruh khusus di Iraq.

Dalam beberapa hari terakhir, koran The Washigton Post memuat foto sebuah bilboard besar di Bundaran Firdaus, Baghdad. Dalam bilboard ini, terpampang foto Imam Khomeini dan Rahbar dalam ukuran besar. Menurut penilaian koran ini, pemampangan bilboard dengan muatan foto di tempat bekas foto Saddam ini menggambarkan betapa besar pengaruh Iran di Iraq.

Bilboard tersebut adalah salah satu contoh dari sekian bilboard yang tersebar di seantero Iraq. Bilboard ini adalah slogan kelompok Syiah yang bertekad memerangi kelompok teroris Daʻisy.

Bilboard itu dipasang oleh Kata’ib Qiyam Al-Husain yang baru dibentuk untuk memerangi Daʻisy. Di background bilboard terlihat gambar hotel Palestina. Mayoritas wartawan yang meliput perang Iraq beberapa waktu lalu itu bermukim di hotel ini. Para personel militer Amerika juga menempatkan salah satu kantor perwakilan mereka di hotel ini.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: