Pesan Rahbar

Home » » Selama 9 Bulan Agresi Yaman, Arab Saudi Telah menelan Biaya Sebesar 53 Milyar Dolar

Selama 9 Bulan Agresi Yaman, Arab Saudi Telah menelan Biaya Sebesar 53 Milyar Dolar

Written By Unknown on Sunday 6 December 2015 | 17:29:00


“Mujtahid” adalah sebuah nama samaran. Ia adalah salah seorang aktifis internet tenar Arab Saudi yang mengekspos data-data rahasia tentang Al- Saʻud. Berikut ini data baru tentang kerugian jiwa dan finansial yang telah dialami Riyadh selama agresi ke Yaman.

Di halaman Twitternya, Mujtahid menulis, agresi ke Yaman telah menyebabkan 2.000 personel militer Saudi terbunuh dan 4.850 orang luka-luka.

Di samping kerugian jiwa tersebut, sebanyak 450 buah tank dan 4 buah pesawat Apachi dan F16 rusak atau tidak bisa difungsikan lagi.

3 buah kapal tempur juga rusak dan kerugian besar juga dialami oleh 2 kapal perang yang lain.

Dalam 9 bulan terakhir ini, biaya perang yang telah ludes habis berjumlah sebesar 200 milyar riyal (53,299 milyar dolar Amerika). Dalam klasifikasi rata-rata, sekitar 750 juta riyal (200 juta dolar) adalah biaya untuk satu hari perang.

“Kami tidak akan memberikan informasi bohong. Dalam perang Yaman ini, satu-satunya pihak yang untung besar adalah Muhammad bin Salman, Menteri Perang Arab Saudi, dari hasil transaksi jual beli amunisi, suku cadang, kapal perang, dan pesawat tempur,” tulis Mujtahid.

Agresi Arab Saudi ke Yaman terlaksana tanpa surat izin dari PBB hanya dengan alasan ingin mengembalikan Abdu Rabbih Manshur Hadi, mantan Presiden Yaman yang telah melarikan diri, ke kursi kekuasaan. Selama agresi ilegal ini, sudah sekitar 7.500 orang rakyat Yaman gugur.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: