Pesan Rahbar

Home » » Tabungan Terbaik Untuk Manusia

Tabungan Terbaik Untuk Manusia

Written By Unknown on Sunday 13 December 2015 | 02:06:00


Pentingnya teman dan sahabat dalam hidup ini telah dijelaskan dalam riwayat-riwayat Ahlul Bait as. Sampai-sampai diriwayatkan bahwa di hari kiamat nanti sebagian penghuni neraka mencari teman-temannya di dunia untuk menolong mereka. Namun Allah swt menetapkan bahwa tidak akan ada yang bisa menolong mereka.

Manusia adalah makhluk yang penuh dengan keistimewaan, yang salah satunya adalah persahabatan yang bisa dijalinnya. Ajaran kita mengingatkan bahwa kita harus pintar memilih teman; karena tidak semua teman baik untuk kita.

Berdasarkan riwayat-riwayat yang kita baca, pembentukan karakter seseorang bergantung pada persahabatannya.

Rasulullah saw bersabda, “Agama dan keyakinan seorang manusia tergantung dengan siapa ia berteman. Maka berhati-hatilah dalam memilih teman.”

Beliau juga bersabda, “Teman yang tidak menginginkan kesenangan untukmu yang menurutnya menyenangkan baginya adalah teman yang tak ada kebaikannya sama sekali.”

Imam Ali as berkata, “Teman adalah keluarga yang paling dekat dan tabungan yang paling bermanfaat.”

Beliau juga berkata, “Teman bagaikan tambalan pakaianmu. Maka carilah teman yang sesuai denganmu.”

Kemudian beliau berkata, “Jauhilah teman yang buruk, karena teman yang buruk akan mencelakakan sahabatnya dan membinasakannya.”

Imam Shadiq as berkata, “Kedudukan teman begitu tinggi sehingga di hari kiamat nanti penghuni neraka akan meminta pertolongan dari temannya...”

Beliau dalam menasehati cara memilih teman berkata, “Jika ada orang yang bersabar setelah marah kepadamu sebanyak tiga kali dan tidak berkata jelek tentangmu maka pilihlah ia sebagai teman.”

Imam Muhammad Jawad as berkata, “Jauhilah teman yang suka berbuat buruk, karena ia seperti pedang yang sekilas indah namun mematikan.”

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: