Pesan Rahbar

Home » » Tiga Jasa Utama Gus Dur Menurut Lukman Hakim Saifuddin

Tiga Jasa Utama Gus Dur Menurut Lukman Hakim Saifuddin

Written By Unknown on Saturday 2 January 2016 | 03:38:00

Peringatan haul KH. Abdurahman Wahid di Ciganjur Jakarta

Ribuan orang menhadiri puncak peringatan haul KH. Abdurahman Wahid di Ciganjur Jakarta Selatan Sabtu 26 Desember 2015 malam. Dalam ceramahnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menjelaskan tiga jasa utama Gus Dur yang dia kenang.

Pertama, GUS DUR lah orang yang mampu mengangkat dunia Pesantren. Dengan segala lembaganya dan yang lebih utama nilai nilainya. Oleh karena itu, hari santri sebagai sebuah tanggung jawab yang harus dijaga santri.

Kedua, Gus Dur mampu menjaga hubungan Islam dan Pancasila. Gus Dur adalah orang yang mampu tidak hanya menjelaskan tapi juga menjaga hubungan Islam dan pancasila. Kemudian umat Islam menerima itu tanpa setetes darah tumpah.

Ketiga, beliau orang yang memberikan pemahaman bahwa pluralitas itu adalah sesuatu yang harus ada.

Pluralitas merupakan anugerah, sunatullah yang membuat kita jadi kuat. Gus Dur lah orang yang paling tegas menyuarakan keberagaman itu. Sejak dulu berbicara Islam yang rahmat, moderat, mencintai dan memanusiakan manusia, menghargai perbedaan.

Tak lupa Menteri Agama berharap agar kegiatan peringatan ini memberikan motivasi bagi semua untuk meneruskan apa yang telah Gus Dur perjuangkan

Turut hadir dan memberikan testimonya antara lain KH . Said Aqil Siradj (Ketua Umum PBNU), Habib Luthfi,

KH . As’ad said ali dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.

(Satu-Islam/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: