Pesan Rahbar

Home » » 11 Tahun, Para Munir Muda Melawan Lupa

11 Tahun, Para Munir Muda Melawan Lupa

Written By Unknown on Sunday 27 March 2016 | 21:54:00

Sejumlah orang yang tergabung dalam Sahabat Munir melakukan Malam Renungan Mengenang sembilan tahun meninggalnya aktivis HAM Munir, di Jakarta (09/07). Tempo/Dian Triyuli Handoko 

Aktivis, seniman, dan warga di Batu, Malang, bakal memperingati sebelas tahun terbunuhnya pejuang hak asasi manusia (HAM), Munir Said Thalib, Selasa, 9 September 2015. Digelar doa, tahlil, dan nyekar ke makam Munir di Batu. "Berkirim doa sekaligus melawan lupa atas kematian Munir," kata Manajer Omah Munir Salma Safitri, Senin, 7 September 2015.

Peringatan bertajuk "Munir Muda Melawan Lupa" itu digelar di Jakarta dan Batu. Sejumlah individu dan organisasi bergabung memperingati haul Cak Munir—panggilan akrab Munir. Di antaranya Omah Munir, Sekolah Perempuan, Nawakalam Gemulo, dan Malang Corruption Watch. Peringatan tersebut akan dimulai dengan nyekar atau berziarah ke makam Munir pada Selasa pagi, 8 September 2015.

Ziarah akan diselingi dengan drama teatrikal yang didukung para seniman Batu. Mereka bakal berjalan kaki dari Alun-alun Batu menuju makam Munir. Acara itu dilanjutkan dengan doa dan tahlil bersama di Omah Munir serta malam budaya. Aktivitas peringatan sebelas tahun Munir terbunuh berlangsung di Omah Munir, Jalan Bukit Berbunga, Sidomulyo, Kota Batu.

Selain itu, ada orasi budaya, monolog, pembacaan puisi, teater, dan pementasan kesenian tradisional. Melawan lupa, tutur Salma, mengingatkan bahwa kasus pelanggaran HAM masih terus terjadi di negeri ini. Sedangkan Munir Muda, ujar Salma, merupakan upaya mengajak anak muda terlibat dalam pendidikan HAM yang tengah menjadi fokus Omah Munir.

Salma juga mengimbau agar anak muda peduli dan mengingatkan pelanggaran HAM. Sebelumnya, Omah Munir telah menyusun bahan ajar pendidikan HAM untuk pelajar sekolah menengah pertama. Bahan ajar pendidikan HAM telah diterapkan di SMP Negeri 1 Batu. "SMP Negeri 1 Batu dulu tempat Cak Munir bersekolah," ucapnya.

(Tempo/Berbagai-Sumber-Sejarah/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: