Pesan Rahbar

Home » , » Iran Ingin Bangun Hubungan Ekonomi Komprehensif dengan India

Iran Ingin Bangun Hubungan Ekonomi Komprehensif dengan India

Written By Unknown on Tuesday 24 May 2016 | 20:51:00


Pertemuan bersama antara para petinggi negara Iran dan India telah digelar hari ini di Tehran. Presiden Hasan Ruhani menilai bahwa kunjungan Perdana Menteri India ini sangat penting dalam memperdalam kerja sama antara dua negara bersahabat ini.

“Menurut persepsi Republik Islam Iran, kerja sama dengan India sebagai salah satu negara terkuat di kawasan memiliki nilai yang sangat khusus,” tukas Presiden Ruhani.

Menurut Presiden Ruhani, banyak alasan untuk kedekatan kerja sama Iran dan India, baik dari sisi historis, kebudayaan, kultur, sastra maupun arsitektur.

“Banyak kosa kata Persia yang masuk ke dalam Bahasa India. Masyarakat India juga memiliki kesalutan khusus untuk mempelajari Bahasa Persia,” tutur Presiden Ruhani.

Setelah periode sanksi ilegal Barat berlalu, tukas Presiden Ruhani, telah terwujud sebuah lahan baru untuk lebih memperkuat kerja sama dengan India. “Kita harus sebaik mungkin bisa memanfaatkan kesempatan emas ini,” ujarnya.

Kerja sama perbankan dan ekonomi menjadi titik utama pernyataan Presiden Ruhani dalam pertemuan bersama tersebut. Menurutnya, Iran dan India bisa memanfaatkan kemampuan ACU untuk memperkokoh kerja sama di bidang ini.

Bandar Chabahar, menurut Presiden Ruhani, bisa menjadi opsi bagus untuk melakukan ekspor dan impor barang dan produk ke kawasan Asia Tengah, Kaukasus, dan Eropa Timur. “Iran sangat menyambut hangat investasi Iran untuk jalur rel kereta api Chabahar-Zahedan-Masyhad.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: