Pesan Rahbar

Home » » Mahalnya Mahar Ganjal Lelaki Oman Buat Menikah

Mahalnya Mahar Ganjal Lelaki Oman Buat Menikah

Written By Unknown on Tuesday 24 May 2016 | 22:15:00

Model pengantin Oman. (Foto: brideandgroomoman.com)

Kebanyakan keluarga di Oman sepakat mas kawin senilai US$ 10.400, namun sebagian lagi meminta jauh lebih besar hingga US$ 52 ribu.

Seperti di kebanyakan negara Arab, mahalnya mahar dan ongkos buat pesta perkawinan mengganjal kaum lelaki di Oman buat menikah.

Data resmi menunjukkan tahun lalu terjadi 25.659 pernikahan, turun dibanding 2014, yakni 28 ribu perkawinan. Hasil penelitian menyebutkan tingginya mas kawin berlaku di pedesaan dan perkotaan, termasuk di Ibu Kota Muskat, seperti dilansir the Gulf News.

Ahmad al-Balusyi, bekerja sebagai sopir dengan penghasilan US$ 1.300 sebulan, mengatakan dia mesti bersabar untuk menikah. Sebab dia harus menabung hingga memiliki cukup fulus buat mahar dan biaya resepsi.

Insinyur bernama Rasyid al-Ibri bahkan harus menabung empat tahun sampai akhirnya bisa menikah. Dia menghabiskan US$ 3.900 untuk pesta pernikahan.

Kebanyakan keluarga di Oman sepakat mas kawin senilai US$ 10.400, namun sebagian lagi meminta jauh lebih besar hingga US$ 52 ribu.

Untuk menangani masalah ini, Dewan Syura pada 2011 mengusulkan dana bantuan menikah. Anggaran ini disediakan buat memberi pinjaman bebas bunga bagi warga negara Oman tidak mampu membiayai pesta pernikahan. Dana itu juga akan dipakai untuk memberikan layanan bimbingan bagi pasangan suami istri buat mengurangi angka perceraian.

Namun sampai sekarang pemerintah Oman belum menyetujui proposal itu.

Akibat tingginya mas kawin dan biaya resepsi, banyak lelaki Oman menikah dengan perempuan asing.

(Al-Balad/The Gulf News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: