Pesan Rahbar

Home » » Fakta-fakta Unik-Legendaris Mengenai Bung Karno Di Dalam Negeri Dan Di Mata Bangsa Lain

Fakta-fakta Unik-Legendaris Mengenai Bung Karno Di Dalam Negeri Dan Di Mata Bangsa Lain

Written By Unknown on Thursday 30 June 2016 | 01:19:00


Sosok Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno merupakan sosok yang legendaris. Bung Karno, demikian sapaan akrabnya, dianggap sebagai Presiden Republik Indonesia yang kharismanya tidak ada duanya. Ia amat disegani bangsa dan negara lain. Ia membuat nama Indonesia dikenal di dalam pergaulan bangsa-bangsa.


Banyak fakta-fakta unik yang menceritakan mengenai sosok Bapak Proklamator ini dari dalam dan luar negeri, diantaranya:

1. Di Rusia, Soekarno diabadikan sebagai nama masjid di St. Petersburg, nama jalan di Ibu Kota Maroko, serta di Pakistan tercatat ada 2 jalan yang menggunakan nama Soekarno, yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar & Soekarno Bazar di Lahore.

2. Sebagai penghormatan untuk Soekarno pemerintah Kuba menerbitkan perangko dengan gambar Bung Karno & Fidel Castro. Penerbitan perangko yang memiliki nilai historis & patriotik pada 19 Juni 2008 lalu itu sekaligus untuk merayakan HUT ke-80 Fidel Castro.

3. Tak hanya sekali, majalah ternama 'Time' telah 2 kali menampilkan Soekarno di halaman depan, yakni pada edisi Desember 1946 & Maret 1958. Dalam terbitan pertamanya, majalah Time menyebut 'Putra Sang Fajar' tersebut sebagai orator yang ulung karena mampu meyakinkan & mempengaruhi pendengarnya.

4. Di dunia Barat & Timur Tengah Soekarno memiliki nama panggilan Ahmed Soekarno. Sehingga tidaklah heran kamu bisa menemukan nama jalan Ahmed Soekarno di Mesir. Penambahan nama Ahmed dimaksudkan untuk memperkuat nuansa keislaman sehingga dapat menarik perhatian masyarakat Timur Tengah.

5. Tak hanya jago dalam bidang politik, Presiden #Soekarno juga pandai memberikan gagasan dalam menciptakan bangunan-bangunan indah yang sekarang masih bisa kita lihat, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di kawasan Senayan yang menjadi stadion kebanggaan bangsa Indonesia. Monumen Nasional yang merupakan monumen perjuangan para pahlawan, Masjid Istiqlal (masjid terbesar di Asia Tenggara), Wisma Nusantara (Gedung perkantoran di kawasan bundaran HI), Hotel Indonesia (hotel berbintang pertama di Indonesia) & Patung Dirgantara di kawasan Pancoran.

6. Bung Karno memiliki nama asli yang telah mengalami perubahan sebanyak 3 kali: Koesno Sosrodihardjo (diberikan orang tua), Soekarno (diambil dari nama tokoh pewayangan. 'Karna' & awalan 'soe' memiliki arti orang yang baik), serta Sukarno (berubah menjadi Sukarno semenjak beliau menjadi presiden karena ejaan 'oe' merupakan ejaan warisan penjajahan Belanda).

7. Bung Karno memiliki 3 tongkat komando. Tongkat pertama untuk kunjungan keluar negeri, kedua untuk menghadapi para jenderal, ketiga untuk berpidato didepan orang banyak.

(Istimewa/Memobee/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: