Pesan Rahbar

Home » » Ini Alasan Presiden Obama Tak Akan Hadir Dalam Pemakaman Muhammad Ali

Ini Alasan Presiden Obama Tak Akan Hadir Dalam Pemakaman Muhammad Ali

Written By Unknown on Thursday 30 June 2016 | 01:57:00


Presiden Amerika Serikat Barack Obama dipastikan tak akan hadir dalam prosesi upacara penghormatan dan pemakaman legenda tinju Muhammad Ali yang meninggal pada Jumat 3 Juni 2016 di Phoenix, Arizona pada usia 74 tahun. Kepastian ini disampaikan pihak Gedung Putih di Washington, Rabu 8 Juni 2016.

Ali akan dimakamkan pada Jumat 10 Juni 2016 sesuai tradisi keyakinan agama Islam yang dianutnya.

Sejumlah pemimpin dunia dijadwalkan hadir dalam prosesi pemakaman dan penghormatan untuk Ali pada Jumat mendatang di tempat kelahiran Ali di Louisville, Kentucky seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Abdullah dari Yordania.

Sementara itu, mantan juara tinju kelas berat Lennox Lewis dan aktor Will Smith (yang memerankan tokoh Ali dalam film layar lebar) akan menjadi pengusung peti jenazah petinju berjuluk The Greatest ini.

Mantan Presiden AS Bill Clinton dan aktor Billy Crystal juga didaulat untuk memberikan sambutan dalam prosesi pemakaman tersebut.

Menurut rilis resmi yang diterima dari Gedung Putih, Obama dan keluarganya tak bisa hadir di pemakaman Ali karena harus menghadiri wisuda SMA dari putri mereka, Malia.

Sebagai penggantinya, Presiden Obama akan mengirimkan sebuah surat untuk keluarga Ali, yang diantarkan oleh Penasihat Senior Gedung Putih Valerie Jarrett, yang memang mengenal Ali.

Pihak keluarga Ali, melalui juru bicaranya Bob Gunnell, menyebut Obama dan janda Muhammad Ali, Lonnie, sudah berbicara melalui sambungan telepon.

Setelah kematian Ali, Obama sempat mengatakan bahwa dia bakal menyimpan sepasang sarung tinju miliknya bersama dengan sebuah foto Muhammad Ali saat mengalahkan Sonny Liston pada tahun 1964.

"Ali akan selalu dikenang, tidak hanya atas kemampuannya merangkai kata puitis dan bertarung di ring, tetapi dia adalah lelaki yang bertarung untuk kebenaran, dia bertarung untuk kita," kata Obama.

Almarhum Muhammad Ali merupakan sosok yang dihormati oleh berbagai kalangan, tanpa mengenal latar belakang dan ras di Amerika Serikat. Beristirahatlah dalam damai, Sang Juara. Pertarunganmu sudah usai.

(BBC/Memobee/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: