Pesan Rahbar

Home » » Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan dan Peradaban Islam

Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan dan Peradaban Islam

Written By Unknown on Thursday 21 July 2016 | 12:28:00


Terkait masalah kedekatan hubungan peradaban Islam dan Ilmu-ilmu Islam, Rektor Universitas Mazhab-mazhab Islam mengatakan, sebab terjerumusnya masyarakat Islam ke arah ektremisme dan melemahnya ilmu-ilmu Islam ialah karena tidak adanya defenisi dan sistem yang mengatur hubungan ini.

Shabestan News Agency, Hujjatul Islam Doktor Ahmad Muballighi, dalam pemaparannya yang berjudul “hubungan peradaban Islam dan Ilmu-ilmu Islam” mengatakan, ada 3 hubungan dan keterkaitan antara peradaban dan Ilmu-ilmu Islam, yaitu : “peradaban Islam sebagai sebuah permasalahan yang dibahas di antara permasalahan ilmu-ilmu Islam”, “peradaban sebagai tujuan ilmu-ilmu Islam” dan “peradaban sebagai dasar atau metode dalam mempraktekan ilmu-ilmu Islam”.

Dengan menganalisa secara terperinci, sebab terjerumusnya masyarakat Islam ke arah ektremisme dan sebab melemahnya ilmu-ilmu Islam dalam memainkan peran aktifnya untuk menafikan ektremisme ialah karena ilmu-ilmu Islam tidak mendefinisikan dan mengatur hubungan dan keterkaitannya dengan peradaban itu sendiri, jelas rektor universitas mazhab-mazhab Islam ini.

Perkara ini sangatlah berbahaya, dalam beberapa kasus, bahkan beberapa gerakan kekerasan di dunia muslim dalam rangka melegitimasi ekstremisme, mereka menggunakan dan merujuk kepada ilmu-ilmu Islam itu sendiri.

Dengan mengisyaratkan tentang perlunya menempatkan peradaban Islam di antara permasalahan-permasalahan ilmu-ilmu Islam, Hujjatul Islam Muballighi mengatakan, peradaban Islam merupakan salah satu tema penting yang perlu dibahas dalam ilmu-ilmu Islam.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: